Firanti, Nilam Cayaha (2018) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TREFFINGER PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 101801 KEDAI DURIAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111054_COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 1141111054_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
3. NIM. 1141111054_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 1141111054_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 1141111054_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
6. NIM. 1141111054_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
7. NIM. 1141111054_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM. 1141111054_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1141111054_BAB I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
14. NIM. 1141111054_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13. NIM. 1141111054_BAB V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Masalah pada peneltian ini adalah rendahnya minat belajar siswa dalam pelajaran IPA dan kurangnya penggunaan model pembelajaran yang tepat oleh guru sehingga mempengaruhi minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan minat belajar IPA materi pesawat sederhana di kelas V SDN 101801 Kedai Durian. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Treffinger. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V.C SDN 101801 Kedai Durian yang berjumlah 33 siswa, yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 14 siswi perempuan. Jenis desain penelitian menggunakan model siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu 1. Perencanaan, (Planning), 2. Pelaksanaan atau Tindakan (Action), 3. Pengamatan (Obseerving), 4. Refleksi (Reflecting). Adapun alat pengumpulan data pada saat penelitian dilakukan yaitu
menggunakan lembar observasi untuk guru, serta lembar angket minat belajar siswa yang dilaksanakan dua siklus.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil observasi minat belajar siswa pada siklus I pertemuan I diperoleh data bahwa minat belajar siswa tergolong kurang berminat dengan rata-rata persentase 59,06%. Pada siklus I
pertemuan II diperoleh data bahwa minat belajar siswa masih tergolong cukup berminat dengan rata-rata persentase 67,85% meningkat sebesar 8,79% dari pertemuan sebelumnya. Pada siklus II pertemuan I diperoleh data bahwa minat
belajar siswa tergolong berminat dengan rata-rata persentase 74,88% meningkat sebesar 7,03% dari siklus sebelumnya, dan pada siklus II pertemuan II diperoleh data bahwa minat belajar siswa tergolong sangat berminat dengan rata-rata
persentase 91,48% meningkat sebesar 16,6% dari pertemuan sebelumnya. Hasil angket pada kondisi awal diperoleh data sebesar 59,84% , pada siklus I data yang diperoleh meningkat sebesar 11,61% sehingga diperoleh persentase 71,45% dan pada siklus II data yang diperoleh meningkat sebesar 18,58% sehingga diperoleh persentase 90,03%. Hasil angket yang menunjukkan peningkatan dalam minat belajar siswa pada setiap siklus. Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Treffinger dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPA materi pesawat sederhana di kelas V SDN 101801 Kedai Durian
T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 047 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:07 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29670 |