Pardede, Tri Putri (2018) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 101800 DELI TUA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311071_COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 1143311071_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3. NIM. 1143311071_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
4. NIM. 1143311071_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
5. NIM. 1143311071_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1143311071_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 1143311071_BAB I.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
Abstract
Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada pelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Matematika untuk materi pokok Pecahan dengan penerapan metode The Power of Two. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VB SD Negeri No. 101800 Deli Tua yang beralamat Jl. Teratai Deli Tua
yang terdiri dari 33 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah penggunaan strategi The Power of Two dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi Pecahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan Angket. Hasil pengamatan dan data penelitian yang dilakukan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada materi ajar Pecahan dengan menggunakan metode The Power of Two pada kelas V SD
Negeri No. 101800 Deli Tua, maka peneliti membuat kesimpulan sebagai berikut : pada siklus I pertemuan 1 peningkatan metivasi belajar siswa sudah mulai tampak, namun belum dikatakan berhasil karena masih banyak siswa yang memiliki cukup termotivasi. Peningkatan motivasi belajar
pada siklus I pertemuan I ada sekitar 6 orang siswa (18,18%) yang memperoleh kriteria termotivasi, terdapat 16 orang siswa (48,49%) yang memperoleh kriteria cukup dan pada siklus I pertemuan II ada sekitar 14 orang siswa (42,42%) yang memperoleh kriteria termotivasi, terdapat
17 orang siswa (51,52%) yang memperoleh kriteria cukup. Pada siklus II pertemuan II peningkatan motivasi belajar siswa sudah tampak, karena ada 19 orang siswa yang memiliki kriteria termotivasi (57,58%) dan 4 orang siswa yang memiliki kriteria sangat termotivasi (12,12%) dan pada siklus II pertemuan II dan sudah bisa dikatakan berhasil karena terdapat 2 orang siswa (6,06%) yang memiliki kriteria termotivasi dan 31 orang siswa (93,94%) yang memperoleh kriteria sangat termotivasi. Hasil pengamatan lembar observasi guru dalam menerapkan metode The Power of Two
juga mengalami peningkatan sebagai berikut : pada siklus I pertemuan 1 dan 2, nilai rata-rata lembar observasi adalah 80,73. Pada siklus II pertemuan 1 dan 2 meningkatkan dengan nilai ratarata mencapai 90,6. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode The Power of Two dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Matematika khususnya materi pokok Pecahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 048 |
Keywords: | Motivasi Belajar; Strategi The Power Of Two; Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:07 |
Last Modified: | 17 Oct 2018 02:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29668 |