Daulay, Evi Dayanti (2018) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DENGAN PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI HUTANOPAN KEC. LUBUK BARUMUN KAB. PADANG LAWAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311043_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 1133311043_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
3. NIM. 1133311043_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. NIM. 1133311043_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM. 1133311043_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
6. NIM. 1133311043_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1133311043_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1133311043_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1133311043_BAB I.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
13. NIM. 1133311043_BAB V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
14. NIM. 1133311043_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pengetahuan membaca puisi siswa kelas II SDN Hutanopan Kec. Lubuk Barumun Kab. Padang Lawas.Tujuan yang dilakukan peneliti adalah untuk meningkatkan pengetahuan membaca puisi bahasa indonesia dengan menggunakan Reciprocal Teaching pada siswa kelas II SDN Hutanopan kec. Lubuk Barumun Kab. Padang Lawas T.A. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas II SDN Hutanopan Kec. Lubuk Barumun Kab. Padang Lawas dengan Jumlah Siswa laki – Laki 16 orang siswa dan perempuan 14 orang dan penelitian ini terdiri dari 2 siklus 4 pertemuan yaitu perencanaan ,pelaksanaan tindakan , observasi dan refleksi dan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti dikelas II SDN Hutanopan Kec. Lubuk
Barumun kab. Padang Lawas yang dilakukan terhadapi 30 orang siswa terdapat 28 orang siswa yang kurang terampil dalam penguasaan keterampilan membaca puisi dengan peresentase ( 93,3 % ).dan 2 orang siswa yang terampil dalam penguasaan membaca puisi siswa dengan presentase ( 6,66% ) dengan nilai rata – rata 38.pada siklus I pertemuan I dengan menggunakan Reciprocal Teaching terdapat 7 orang siswa yang terampil dalam keterampilan membaca puisi siswa dengan peresentase ( 23,3% ) dan 23 orang siswa belum terampil dalam penguasaan membaca puisi siswa dengan peresentase ( 76,6%) dengan nilai
rata – rata 59. Selanjutnya pada siklus I pertemuan II, terdapat 7 orang siswa yang terampil dengan peresentase ( 23,3% ) , dan 23 siswa yang belum terampil dengan peresentase ( 76,6% ) dan nilai rata – rata 55%.kemudian pada siklus II pertemuan I dengan menggunakan Reciprocal Teaching terdapat 10 orang siswa yang terampil dengan peresentase ( 33,3 % ). Dan 20 orang yang belu terampil dengan peresentase ( 66,6 % ) dengan nilai rata – rata (
6,26% ). Selanjutnya pada siklus II pertemuan II terdapat 29 orang siswa dengan peresentase ( 96,6% ) dan 1 orang siswa yang belum terampil dengan peresentase ( 3,33 % ).dengan nilai rata – rata 80. Dengan demikian dapat didimpulkan bahwa dengan menggunakan Reciprocal Teaching dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi dalam Pokok Bahasan Bahasa Indonesia siswa kelas II SDN Hutanopan kec. Lubuk Barumun Kab. Padang Lawas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 050 |
Keywords: | Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:06 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29666 |