Sianipar, Lamria Theresia (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PKn BERBASIS KARAKTER MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS V SD NEGERI 060841 KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8156182029 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2 NIM. 8156182029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
3 NIM. 8156182029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4 NIM. 8156182029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5 NIM. 8156182029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
6 NIM. 8156182029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7 NIM. 8156182029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8 NIM. 8156182029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
10 NIM. 8156182029 BAB II.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13 NIM. 8156182029 BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14 NIM. 8156182029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya pengembangan bahan ajar Pendidikan
Kewarganegaraan berbasis karakter melalui pendekatan kontekstual. Sebuah
bahan ajar Pendidikan Kewarganegaraan yang baik hendaknya mampu
meningkatkan hasil belajar siswa, memotivasi siswa untuk berpatisipasi secara
aktif dalam pembelajaran, dan mampu membentuk karakter siswa. Berdasarkan
hal tersebut dikembangkan bahan ajar Pendidikan Kewarganegaraan berbasis
karakter melalui pendekatan kontekstual. Tujuan yang hendaknya dicapai dalam
upaya pengembangan bahan ajar ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar
Pendidikan Kewarganegaraan yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan (research and development). Model
pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap
pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan
penyebaran (disseminate). Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui
lembar validasi bahan ajar. Data kepraktisan dikumpul melalui angket respon guru
dan siswa dan wawancara dengan guru. Keefektifan dilihat dari aktivitas dan hasil
belajar siswa berupa penilaian karakter dan hasil belajar siswa. Data yang
terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian dari uji validitas yang
dilakukan menunjukkan bahwa bahan ajar Pendidikan Kewarganegaraan yang
dihasilkan telah valid. Hasil observasi, angket, dan wawancara dengan guru juga
menyatakan bahwa perangkat pembelajaran ini praktis. Pada tahap uji efektivitas,
didapatkan hasil rata-rata perkembangan karakter siswa telah menunjukkan
kategori mulai berkembang. Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan untuk
penilaian proses juga telah berada pada kategori sangat baik, dan di dapatkan hasil
bahwa lebih dari 75% siswa berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar
Pendidikan Kewarganegaraan berbasis karakter melalui pendekatan kontekstual
di kelas V SD yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.307 11 Sia p |
Keywords: | Bahan Ajar, Karakter dan Pendekatan Kontekstual |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 07:37 |
Last Modified: | 17 Apr 2018 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29659 |