LUMBAN GAOL, YOHANA WHULANDARI (2018) KEADAAN LINGKUNGAN SIMALINGKAR A DAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK AWAL REMAJA KELAS V DAN VI DI SD SWASTA PUTERI SION. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311109_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1133311109_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
3. NIM. 1133311109_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 1133311109_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 1133311109_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1133311109_BAB I.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
10. NIM. 1133311109_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
11. NIM. 1133311109_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan lingkungan
Simalingkar A terhadapa kecerdasan emosional awal anak remaja. Penelitian ini
dilaksanakan SD Swasta Puteri Sion Kecamatan Medan Tuntungan. Metode
penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan dengan teknik
survey . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siswa Kelas V Dan VI
di SD Swasta Puteri Sion sampel yang digunakan adalah Random Sampling, 48
siwa dan jumlah populasi sebanyak 48 siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan melalui survey dengan memakai angketdan uji validitas angket
menggunakan rumus koefisien korelasi product moment sedangkan uji reliabilitas
menggunakan Croanbach Alpha. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis
data persentase (deskriptif persentase). (1) Dilihat dari uji reliabilitas Lingkungan
Simalingkar A termasuk kategori presentasi 89% dengan karakter baik, pengaruh
lingkungan di kantor di peroleh data sebesar 93 dan presentasi 46% dengan
kurang, serta fungsi masyarakat di peroleh data sebesar 78, 25 dan presentasi 39%
dengan kriteria kurang. (2) dilihat dari uji reliabilitas kecerdasan emosional
termasuk kategori sangat baik 4 orang (14,5%), kategori baik 9 orang (27,9 %),
kategori baik 8 orang (20, 3%).
Dengan demikian maka disimpulkan penelitian ini di peroleh data kriteria
baik, yaitu pengaruh lingkungan terhadap prestasi belajar, meluangkan waktu
kepada anak-anak, mengatasi anak malas belajar karena pengaruh lingkungan
masyarakat .dan mengetahui perasaan senang ataupun sedih muncul, dan memaha
mi sebab perasaan yang timbul, mempunyai kriteria yang cukup, dan berusaha me
mperbaiki nilai yang kurang bagus, mengetahui perasaan yang dirasakan orang
lain, dan berusaha membantu teman, mempunyai kriteria yang kurang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 052 |
Keywords: | Keadaan Lingkungan Simalingkar A; Kecerdasan Emosional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 10:54 |
Last Modified: | 20 Dec 2018 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29656 |