SORMIN, TRYANA JAYANTI (2018) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELEJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA, KEC. PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311072_COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 1143311072_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
3. NIM. 1143311072_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. NIM. 1143311072_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
5. NIM. 1143311072_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 1143311072_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM. 1143311072_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1143311072_BAB I.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
13. NIM. 1143311072_BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM. 1143311072_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi pokok cahaya dan sifat-sifatnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction pada mata pelajaran IPA dengan materi pokok cahaya dan sifat-sifatnya.
Jenis penelitian ini adalah “Penelitian Tindakan Kelas”. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan, dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia , Kec. Percut Sei Tuan yang berjumlah 36 orang siswa yang terdiri dari 20 orang siswa perempuan dan 16 orang siswa laki-laki, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Explicit Instruction untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Alat pengumpulan data adalah angket dan lembar observasi. Adapun yang dianalisis dalam lembar observasi minat belajar siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung.
Berdasarkan hasil analisis data angket pada kondisi awal dari 36 orang siswa, yang memiliki kriteria belum berminat 28 (77,78%) orang siswa, yang memiliki kriteria berminat 2 (22,28%) orang siswa dengan nilai rata-rata kelas pada kondisi awal yaitu 50,77. Selanjutnya dilakukan tindakan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction dengan tingkat ketuntasan kalsikal sebanyak 21(58,33%) orang siswa yang berminat dan 15 (41,67%) orang siswa yang belum berminat dengan nilai rata-rata kelas 58,33. Kemudian dilanjutkan tindakan perbaikan pada siklus II dengan tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 33 (91,67%) orang siswa yang berminat dan 3 (8,33%) orang siswa yang tidak berminat dengan nilai rata-rata kelas 91,67. Hal ini menunjukkan peningkatan keberhasilan yang sudah mencapai ketuntasan belajar yang ditetapkan yaitu ≥ 70%. Hasil observasi minat belajar siswa mengalami peningkatan setiap pertemuan. Pada siklus I pertemuan I nilai rata-rata kelas adalah 53,32% dan pada pertemuan II nilai rata-rata kelas 68,03%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I rata-rata kelas 80,03% dan pada pertemuan II nilai rata-rata 84,70%. Berdasarkan lembar observasi mengajar guru mengalami peningkatan setiap siklus nya. Pada siklus I Pertemuan I diperoleh nilai 71,87, pertemuan II diperoleh nilai 85,41, sedangkan pada siklus II Pertemuan I diperoleh nilai 94,79, dan Pertemuan II diperoleh nilai 97,91.
Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi pokok cahaya dan sifat-sifatnya di kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia, Kec. Percut Sei Tuan T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 045 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 16 Apr 2018 10:07 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29651 |