Munthe, Eka Julia (2018) URGENSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI KARAKTER DI SMK SWASTA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3143111017 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. NIM. 3143111017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
3. NIM. 3143111017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4. NIM. 3143111017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
5. NIM. 3143111017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
6. NIM. 3143111017 TABLES.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
7. NIM. 3143111017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM. 3143111017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
12. NIM. 3143111017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
13. NIM. 3143111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Eka Julia Munthe. NIM 3143111017. “Urgensi Pembelajaran Pendidikn Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter di SMK Swasta Parulian 2 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Universitas Negeri Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Urgensi pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam meningkatkan nilai-nilai karakter siswa di SMK Swasta Parulian 2 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018, yang berlokasi di Jl. Garuda Raya, Tegal Sari Mandala II, Medan Denai, Kota Medan, Sumatera Utara. Ada pun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif sederhana, yaitu suatu cara atau metode yang menggambarkan fakta-fakta yang apa adanya dan berdasarkan penelitian dilapangan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara observasi secara langsung ke SMK Swasta Parulian 2 Medan, menyebarkan angket, dan melakukan dokumentasi/studi pustaka. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMK Swasta Parulian 2 Medan yang berjumlah 242 orang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 61 orang yaitu 25% dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik sampel acak (random sampling). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu pembelajaran PKn belum berperan dengan maksimal dalam membentuk nilai karakter nasionalisme, integritas, kemandirian, gotong-royong dan religius terhadap siswa di sekolah SMK Swasta Parulian 2 Medan. Dari hasil perhitungan tabel frekuensi penelitian ini menunjukkan bahwa 50,57% urgensi pembelajaran PKn yang berarti persentasi ini dikategorikan pada level cukup baik/sedang. Sehingga dalam pembelajaran PKn masih perlu dipertajam kembali hal-hal yang mengarah pada pembentukan nilai karakter siswa tersebut baik dari segi materi pembelajaran PKn maupun cara guru mengajarkan pembelajaran PKn pada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PKN 015 |
Keywords: | Pendidikan Kewarganegaraan ; Nilai-Nilai Karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 10 Apr 2018 14:30 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29626 |