Dwiyatri, Isnanda (2018) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 101767 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111041_COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM. 1141111041_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
3. NIM. 1141111041_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
4. NIM. 1141111041_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
5. NIM. 1141111041_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
6. NIM. 1141111041_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7. NIM. 1141111041_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
8. NIM. 1141111041_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9. NIM. 1141111041_BAB I.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
13. NIM. 1141111041_BAB V.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
14. NIM. 1141111041_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
Abstract
ISNANDA DWIYATRI, NIM. 1141111041, “Hubungan Antara Lingkungan Sekolah dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas IV SDN 101767 Tembung Tahun Ajaran 2017/2018”. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan, 2018. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendah kedisiplinan siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kecenderungan lingkungan sekolah dan disiplin belajar siswa serta mengetahui adakah hubungan antara lingkungan sekolah dengan disiplin belajar siswa kelas IV SDN 101767 Tembung. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN 101767 Tembung dengan populasi penelitian sebanyak 60 orang siswa dan sampel sebanyak 30 orang siswa kelas IV.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk variabel lingkungan sekolah (X) dan variabel disiplin belajar siswa (Y). Pengujian analisis data yang digunakan adalah uji korelasi product moment dan uji keberartian hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh gambaran lingkungan sekolah pada kriteria cukup (mean = 57,43) dan disiplin belajar siswa juga berada pada kriteria cukup (mean = 44,5). Hasil analisis korelasi antara lingkungan sekolah dengan disiplin belajar siswa diperoleh nilai korelasi 0,936, dengan membandingkan nilai korelasi dengan α = 0,05 (0,361) maka korelasi sangat signifikan. Uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai 14,06 dan dengan membandingkan kepada nilai α = 0,05 (2,04841) maka hipotesis diterima. Ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan sekolah dengan disiplin belajar siwa, maka dapat disimpulkan bahwa semakin bagus lingkungan sekolah, maka semakin tinggi tingkat disiplin belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 011 |
Keywords: | Lingkungan Sekolah; Disiplin Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 10 Apr 2018 14:29 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29623 |