Arri, Dhani (2017) IMPLEMENTASI TINDAK LANJUT DAN DAMPAK SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF DI SMK PP NEGERI 1 KUALUH SELATAN KABUPATEN LABUHANBATU UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156132064 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 8156132064 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
3. NIM. 8156132064 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM. 8156132064 PREFACE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM. 8156132064 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. NIM. 8156132064 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
6. NIM. 8156132064 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 8156132064 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 8156132064 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
13. NIM. 8156132064 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
14. NIM. 8156132064 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: rencana pengawas, proses pelaksanaan, permasalahan dan solusi, dan dampak tindak lanjut hasil supervisi akademik pengawas mata pelajaran produktif di SMK PP Negeri 1 Kualuh Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMK PP Negeri 1 Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara dari Mei sampai dengan Agustus 2017. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan informan pengawas SMK, Kepala SMK, dan guru-guru mata pelajaran produktif SMK PP Negeri 1 Kualuh Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, studi dokumentasi, observasi dan triangulasi. Teknik Analisis data menggunakan analisis kualitatif yang mengacu kepada teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan tindak lanjut yang dilakukan pengawas cukup baik dengan melibatkan pihak sekolah; (2) pelaksanaan tindak lanjut kurang baik karena tingkat keterlaksanaannya baru mencai 27%; (3) masalah yang dihadapi pengawas adalah kurangnya kompetensi guru dan kurangnya sarana prasarana sedangkan masalah yang dialami guru adalah kurangnya sarana dan prasarana serta kurangnya minat belajar siswa, solusi yang diharapkan agar pihak sekolah melengkapi sarana prasarana serta, (4) pengawas menyatakan belum melihat dampak signifikan pemberian tindak lanjut bagi peningkatan kinerja guru, sedangkan guru menyatakan berdampak pada kinerjanya. Data dan informasi hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan pengambil kebijakan di Sumatera Utara umumnya dan Kabupaten Labuhanbatu Utara khususnya
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 378.107 12 Arr i |
Keywords: | implementasi,tindak lanjut, dampak, supervisi akademik, mata pelajaran produktif, SMK. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Apr 2018 09:29 |
Last Modified: | 09 Apr 2018 09:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29603 |