NURHALIZA, IRMA (2018) MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI NO.101766 BANDAR SETIA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143111028_COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 1143111028_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
3. NIM. 1143111028_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1143111028_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5. NIM. 1143111028_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1143111028_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 1143111028_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 1143111028_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 1143111028_BAB I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
13. NIM. 1143111028_BAB V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14. NIM. 1143111028_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan
model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan kreativitas
belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri No. 101766 Bandar
Setia T.A 2017/2018?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kreativitas belajar
siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran project
based learning di kelas V SD Negeri No. 101766 Bandar Setia T.A 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam
dua siklus, dimana masing-masing siklus memiliki empat tahapan, yaitu
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas VA SD Negeri No. 101766
Bandar Setia yang berjumlah 36 siswa, terdiri dari 19 laki-laki dan 17 perempuan.
Objek dalam penelitian ini adalah kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran
IPA dengan menggunakan model pembelajaran project based learning.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi
kreativitas belajar siswa, lembar observasi kemampuan guru dalam menerapkan
model pembelajaran project based learning dan lembar angket kreativitas belajar
siswa.
Berdasarkan analisis data angket siswa pada siklus I diperoleh 16 siswa yang
kreatif dengan persentase 44,44% dan 20 siswa yang tidak kreatif dengan
persentase 55,56%, dan pada siklus II mengalami peningkatan dimana 31 siswa
dinyatakan kreatif dengan persentase 86,11% dan sedikitnya 5 siswa yang tidak
kreatif dengan persentase 13,89%. Sedangkan untuk hasil observasi siswa pada
siklus I diperoleh 22 siswa yang kreatif dengan persentase 61,11% dan 14 siswa
yang tidak kreatif dengan persentase 38,89%, dan pada siklus II sebanyak 31
siswa yang kreatif dengan persentase 86,11% dan sedikitnya 5 siswa yang tidak
kreatif dengan persentase 13,89%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan
kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VA SD Negeri
No.101766 Bandar Setia T.A 2017/2018. Oleh karena itu, model pembelajaran
project based learning dapat diterapkan sebagai salah satu alternative dalam
meningkatkan kreativitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 028 |
Keywords: | KREATIVITAS BELAJAR; PROJECT BASED LEARNING |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2018 14:42 |
Last Modified: | 12 Apr 2018 06:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29597 |