HARAHAP, ANNISYA THOYYIBAH (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS X SMK NEGERI 9 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3142111029 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 3142111029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
3. NIM. 3142111029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4. NIM. 3142111029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
5. NIM. 3142111029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. NIM. 3142111029 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 3142111029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 3142111029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
12. NIM. 3142111029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
13. NIM. 3142111029 BIBLIOGRRAPHY.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas X SMK Negeri 9 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan korelasi dengan teknik observasi, dokumentasi, dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di Sekolah Kelas X SMK Negeri 9 Medan yang berjumlah 576 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 85 orang siswa dan pengambilan sampel melalui rumus Solvin yang diambil secara random sampling (undian). Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn Siswa Kelas X SMK Negeri 9 Medan. Hal ini ditunjukkan dari besarnya nilai r hitung lebih besar dari r tabel (rhitung > rtabel ) yaitu 0,870 > 0,2108 sehingga keofisien korelasi variabel X dan variabel Y adalah signifikan. Yang mana r tabel pada n=85 pada α = 0,05 adalah 0,2108 sehingga hipotesis (Ha) yang dirumuskan dapat diterima kebenarannya, yakni “ada pengaruh yang signifikan dari motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas X di SMK Negeri 9 Medan Tahun pelajaran 2017/2018”. Dan sebesar 76 % pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas X di SMK Negeri 9 Medan tahun Pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PKN 016 |
Keywords: | Motivasi Belajar ; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2018 10:19 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 08:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29593 |