GIRSANG, ROSIANNA (2018) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 101766 BANDAR SETIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311058_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1143311058_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
3. NIM. 1143311058_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 1143311058_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 1143311058_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1143311058_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 1143311058_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 1143311058_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 1143311058_BAB I.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
13. NIM. 1143311058_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 1143311058_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi
belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya pada pokok bahasan daur air
dan peristiwa alam dimana guru kurang memberikan motivasi pada saat proses
pembelajaran. Nilai yang di dapat siswa saat pelajaran IPA sangat rendah, siswa
kurang aktif selama proses pembelajaran dan guru masih sering menggunakan
model pembelajaran ceramah, tanya jawab dan menghafal. Tujuan dari penelitian
ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui
model pembelajaran Talking Stick di kelas V SDN 101766 Bandar Setia T.A
2017/2018.
Hasil penelitian pada kondisi awal, motivasi belajar siswa dari hasil angket
observasi sebelum dilaksanakan siklus I diperoleh tingkat motivasi belajar siswa
dengan nilai rata-rata 53,32 dengan jumlah siswa yang tergolong termotivasi 4
siswa dari 30 siswa, dan jumlah siswa yang tidak termotivasi 26 siswa dari 30
siswa. Pada siklus I setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan model
pembelajaran talking stick perolehan angka mendapatkan nilai rata-rata 67,75
dengan jumlah siswa yang tergolong termotivasi 12 siswa dari 30 siswa dan
jumlah siswa yang tergolong tidak termotivasi 18 siswa dari 30 siswa. Pada siklus
II perolehan angka mendapatkan nilai rata-rata 88,79. Hasil observasi siswa secara
keseluruhan pada siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata 43,92%. Pada
siklus I pertemuan II di peroleh nilai rata-rata 58,79%. Pada siklus II pertemuan I
di peroleh nilai rata-rata 71,91%. Pada siklus II pertemua II diperoleh nilai ratarata
86,37%. Hasil observasi secara secara keseluruhan meningkat darisiklus I
pertemuan I 60% dan pertemuan II 62,5% dan siklus II pertemuan I dan II 80%
dan 92,5%
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model
pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran IPA pokok bahasan daur air dan peristiwa alam di kelas V SDN 101766
Bandar Setia T.A 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 019 |
Keywords: | KOOPERATIF, TALKING STICK, MOTIVASI, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 06 Apr 2018 15:12 |
Last Modified: | 12 Apr 2018 05:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29577 |