Balkis, Siti (2018) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (IOC) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 101766 BANDAR SETIA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111077_COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 1141111077_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
3. NIM. 1141111077_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 1141111077_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 1141111077_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1141111077_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1141111077_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
8. NIM. 1141111077_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
9. NIM. 1141111077_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
10. NIM. 1141111077_BAB I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
14. NIM. 1141111077_BAB V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
15. NIM. 1141111077_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar
siswa yang dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-
Outside Circle (IOC) di kelas V-B pada pelajaran IPA di SDN 101766 Bandar
Setia T.A 2017/2018. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah untuk menambah
informasi atau bahan masukan bagi penulis tentang pentingnya minat belajar,
sehingga situasi dan kondisi yang sesuai dengan siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle (IOC)
dengan subjek yang diteliti berjumlah 30 siswa di kelas V-B SDN 101766 Bandar
Setia T.A 2017/2018. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan
angket.
Setelah dilakukan penelitian diketahui rata-rata hasil observasi minat
belajar siswa siklus I pertemuan I adalah 73,3 dan pada pertemuan II adalah 73,36
sedangkan rata-rata hasil observasi minat belajar siswa pada siklus II pertemuan I
adalah 80,5 dan pada pertemuan II adalah 89,33. Untuk hasil angket minat belajar
siswa pada siklus I pertemuan I rata-ratanya adalah 68,83 dan pertemuan II
adalah 72,13 sedangkan hasil angket minat belajar siswa pada siklus II pertemuan
I rata-ratanya adalah 82,8 dan pada pertemuan II adalah 90,23.
Dapat disimpulkan secara signifikan dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle (IOC), minat belajar siswa
meningkat pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Pesawat Sederhana di kelas V
SDN 101766 Bandar Setia T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 020 |
Keywords: | Kooperatif, Inside-Outside Circle (Ioc), Minat, Ipa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 06 Apr 2018 15:12 |
Last Modified: | 12 Apr 2018 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29575 |