Juriani (2018) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) DI KELAS IV SDN 101764 BANDAR KLIPPA TA. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143111037_COVER.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
2. NIM. 1143111037_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
3. NIM. 1143111037_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM. 1143111037_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. NIM. 1143111037_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 1143111037_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 1143111037_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1143111037_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM. 1143111037_BAB I.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
10. NIM. 1143111037_BAB II.pdf - Published Version
Download (963kB) | Preview
11. NIM. 1143111037_BAB III.pdf - Published Version
Download (817kB) | Preview
12. NIM. 1143111037_BAB IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 1143111037_BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 1143111037_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15. NIM. 1143111037_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar PKn siswa kelas VA SDN 014745 Mekar Mulio. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penggunaan metode permainan dengan media ular tangga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi memahami kebebasan berorganisasi di kelas V SDN 014745 Mekar Mulio Kec. Sei Balai TA. 2017/2018. Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VA SDN 014745 Mekar Mulio Kec. Sei Balai TA 2017/2018 dengan jumlah siswa 24. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan lembar observasi.
Hasil penelitian dengan menggunakan permainan ular tangga pada mata pelajaran PKn di kelas VA SDN 014745 Mekar Mulia Kec. Sei Balai menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Dari hasil angket motivasi belajar PKn pada siklus I terdapat 18 siswa (75%) termotivasi. Melihat hasil dari perolehan persentase motivasi belajar siswa pada siklus I maka perlu dilakukan tindak lanjut pada siklus II dengan perolehan siswa yang termotivasi sebanyak 22 siswa (91,67%). Selain dilihat dari hasil angket peningkatan motivasi belajar siswa juga terlihat pada observasi kegiatan belajar siswa dimana pada siklus I Rata-rata klasikal dari pertemuan I dan II diperoleh 68,75% termotivasi,. Selanjutnya pada siklus II 83,33% termotivasi. Untuk observasi kegiatan guru pada siklus I rata-rata nilai dari pertemuan I dan II pada siklus I yaitu 80,3 selanjutnya pada siklus II nilai kegiatan guru yaitu sebesar 98,2
Peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan permainan ular tangga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi memahami kebebasan berorganisasi V SDN 014745 Mekar Mulio Kec. Sei Balai TA 2017/2018. Sebagai tindak lanjut maka dalam rangka meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn diharapkan kepada guru dapat merancang dan mengembangkan suatu metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa untuk belajar, salah satunya menggunakan metode permainan dengganmedia ular tangga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 027 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 06 Apr 2018 15:11 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 10:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29572 |