Nasution, Ulfah Syuhada (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA ANTARA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) , REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SMP NEGERI KISARAN KELAS VIII. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156172075 COVER.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
2. NIM. 8156172075 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (865kB) | Preview
3. NIM. 8156172075 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
4. NIM. 8156172075 PREFACE.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
5. NIM. 8156172975 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. NIM. 8156172975 TABLES.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. NIM. 8156172975 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
8. NIM. 8156172075 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8156172075 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
13. NIM. 8156172075 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) apakah terdapat perbedaan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara pembelajaran problem
based learning (PBL), realistic mathematics education (RME), dan kooperatif
Tipe Student’s Team Achievement Division (STAD) di SMP Negeri Kisaran kelas
VIII. (2) Manakah model pembelajaran yang Paling berkontribusi terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri Kisaran (3)
apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal
matematika siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di
SMP Negeri kisaran kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kisaran
yang menggunakan kurikulum 2013 , yaitu SMP negeri 1 kisaran, SMP negeri 2
kisaran, SMP negeri 3 kisaran,dan SMP negeri 6 kisaran. Sampel penelitian ini
adalah kelas VIII-4 mewakili SMP negeri 1 kisaran diajarkan dengan
pembelajaran problem based learning (PBL), kelas VIII-3 mewakili SMP negeri 6
kisaran diajarkan dengan pembelajaran realistic mathematics education (RME) ,
dan kelas VIII-5 mewakili SMP negeri 3 kisaran diajarkan dengan pembelajaran
kooperatif tipe STAD. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa. Analisis yang dilakukan menggunakan
ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara pembelajaran problem
based learning (PBL), realistic mathematics education (RME), dan kooperatif
Tipe Student’s Team Achievement Division (STAD) di SMP Negeri Kisaran kelas
VIII. (2) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal
matematika siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di
SMP Negeri kisaran kelas VIII.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Nas p |
Keywords: | pembelajaran problem based learning (PBL),pembelajaran realistic mathematics education (RME), dan pembelajaran kooperatif Tipe Student’s Team Achievement Division (STAD, kemampuan pemecahan masalah matematis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Apr 2018 07:36 |
Last Modified: | 03 Apr 2018 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29559 |