PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDEKATAN METAKOGNITIF DI SMA NEGERI 5 BINJAI

Harahap, Hafifah Salmi (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDEKATAN METAKOGNITIF DI SMA NEGERI 5 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8146171029 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8146171029 COVER.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8146171029 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8146171029 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (585kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8146171029 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8146171029 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8146171029 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8146171029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8146171029 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8146171029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8146171029 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8146171029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8146171029 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8146171029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8146171029 BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8146171029 BAB I.pdf - Published Version

Download (989kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 8146171029 BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 8146171029 BAB V.pdf - Published Version

Download (538kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8146171029  DAFTAR  PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8146171029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan
masalah siswa yang diajar dengan pembelajaran pendekatan metakognitif lebih
tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (2) Mengetahui
peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan
pembelajaran pendekatan metakognitif lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan
pembelajaran konvensional, (3) Mengetahui terdapat interaksi antara
pembelajaran pendekatan metakognitif dengan kemampuan awal matematika
siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, (4)
Mengetahui terdapat interaksi antara pembelajaran pendekatan metakognitif
dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan
representasi matematis siswa, (5) Mengetahui proses pemecahan masalah siswa
yang diajar dengan pembelajaran pendekatan metakognitif dan yang diajar
dengan pembelajaran konvensional, (6) Mengetahui proses penyelesaian masalah
representasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran pendekatan
metakognitif dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini
merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari
seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Binjai yang berjumlah 210 siswa, dengan
mengambil sampel dua kelas berjumlah 60 siswa melalui teksik random
sampling. Analisis data dilakukan dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang
diajar dengan pembelajaran pendekatan metakognitif lebih tinggi dari siswa yang
diajar dengan pembelajaran konvensional, (2) Peningkatan kemampuan
representasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran pendekatan
metakognitif lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran
konvensional, (3) Terdapat interaksi antara pembelajaran pendekatan metakognitif
dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan
pemecahan masalah siswa, (4) Terdapat interaksi antara pembelajaran pendekatan
metakognitif dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan
kemampuan representasi matematis siswa, (5) Proses penyelesaian masalah
pemecahan masalah siswa yang diajar dengan pembelajaran pendekatan
metakognitif lebih baik daripada yang diajar dengan pembelajaran konvensional,
(6) Proses penyelesaian masalah representasi matematis siswa yang diajar dengan
pembelajaran pendekatan metakognitif lebih baik daripada yang diajar dengan
pembelajaran konvensiona

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Har p
Keywords: Pendekatan Metakognitif, Pemecahan Masalah, dan Representasi Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Mar 2018 08:39
Last Modified: 29 Mar 2018 08:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29552

Actions (login required)

View Item
View Item