Siagian, Melan (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN AUTOGRAPH. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156172067 Cover.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2. NIM 815617267 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
3. NIM 815617267 Abstract.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
4. NIM 815617267 Acknowledment.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM 815617267 Table of Content.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
6. NIM 815617267 List of Table.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
7. NIM 815617267 List of Figures.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
8. NIM 815617267 Chapter I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 815617267 Chapter V.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
13. NIM 815617267 References.pdf - Published Version
Download (576kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah peningkatan
kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran berbasis
masalah (PBM) berbantuan Autograph lebih tinggi dari pada siswa yang
mendapat pembelajaran kooperatif STAD berbantuan Autograph, (2) Mengetahui
apakah peningkatan self efficacy siswa yang mendapat pembelajaran berbasis
masalah (PBM) berbantuan Autograph lebih tinggi dari pada siswa yang
mendapat pembelajaran kooperatif STAD berbantuan Autograph, (3) Mengetahui
bagaimana aktivitas belajar siswa yang diberi pembelajaran kooperatif STAD dan
pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan Autograph, (4) Mengetahui
bagaimana proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan
masalah terkait kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat
pembelajaran kooperatif STAD dan pembelajaran berbasis masalah (PBM)
berbantuan Autgraph. Penelitian ini berbentuk quasi eksperimen. Populasi
penelitian ini adalah siswa SMA YPN Marisi Medan dengan sampel adalah siswa
kelas X-1 dan siswa kelas X-2 berjumlah 60 siswa. Instrumen penelitian ini
adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan tes angket self efficacy siswa
terhadap pembelajaran. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi validasi
isi, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,94 dan 0,98 berturut-turut untuk
kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy siswa terhadap pembelajaran.
Analisis data yang digunakan adalah uji ANACOVA. Hasil analisis menunjukkan
bahwa: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat
pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan Autograph lebih tinggi dari
pada siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif STAD berbantuan
Autograph, (2) Peningkatan self efficacy siswa yang mendapat pembelajaran
berbasis masalah (PBM) berbantuan Autograph lebih tinggi dari pada siswa yang
mendapat pembelajaran kooperatif STAD berbantuan Autoraph, (3) Aktivitas
belajar siswa yang diberi pembelajaran kooperatif STAD dan pembelajaran
berbasis masalah (PBM) berbantuan Autograph adalah efektif, (4) Proses
penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah terkait
kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif
STAD dan pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan Autgraph
bervariasi. Berdasarkan hasil peneltian, disarankan agar pembelajaran berbasis
masalah (PBM) berbantuan Autograph dapat dijadikan sebagai salah satu
alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self
efficacy siswa sehingga pembelajaran lebih inovatif dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sia p |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif STAD, Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Efficacy, Autograph |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Mar 2018 08:32 |
Last Modified: | 29 Mar 2018 08:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29551 |