Sari, Rina Moga (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016 – 2017. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156192044 JUDUL.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 8156192044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
8. NIM. 8156192044 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM. 8156192044 DAFTAR BAGAN & GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
2. NIM 8156192044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
10. NIM. 8156192044 BAB I.pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
3. NIM. 8156192044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
9. NIM. 8156192044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 8156192044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. NIM. 8156192044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM 8156192044 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
15. NIM 8156192044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media
pembelajaran bahasa Indonesia pada materi menulis teks eksplanasi untuk siswa
kelas XI MAN 2 Model Medan. Dengan mengacu pada kriteria kualitas menurut
Nieven. Menurut Niven suatu material dikatakan baik jika memenuhi aspek-aspek
kualitas, antara lain: (1)Validitas (Validity), (2) Keprktisan (Paracticaly), dan (3)
Keefektifan (Effectiveness) serta membantu meningkatkan hasil belajar siswa.
Metode pada penelitian ini diadaptasi dari Model Hannafin dan Peck (1987)
terdiri dari tiga proses utama. Tahap pertama model ini adalah tahap penilaian
kebutuhan, dilanjutkan dengan tahap desain dan tahap ketiga adalah
pengembangan dan implementasi. Hasil analisis kevalidan menunjukkan validator
materi menyatakan media pembelajaran sangat valid (83,75%), dan validator
media pembelajaran menyatakan sangat valid (83,75%). Hasil analisis kepraktisan
menunjukkan bahwa hasil angket respon siswa terhadap media pembelajaran yang
dikembangkan berbasis audio visual mendapatkan respon sangat positif sehingga
dengan demikian media pembelajaran ini praktis untuk digunakan. Selain itu
media dikatakan efektif karena hasil evaluasi menunjukkan jika lebih besar atau
sama dengan 80% subjek uji coba tuntas serta adanya respon repon positif siswa
dan guru melalui angket yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.071 2 Sar p |
Keywords: | Media Pembelajaran ; Menulis teks eksplansasi ; audio visual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Mar 2018 04:23 |
Last Modified: | 27 Mar 2018 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29536 |