Silalahi, Asniar (2018) ANALISIS PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 LUBUKPAKAM. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156132059 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 8156132059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (608kB) | Preview
3. NIM. 8156132059 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM. 8156132059 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM. 8156132059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. NIM. 8156132059 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 8156132059 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 8156132059 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 8156132059 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
13. NIM. 8156132059 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
14. NIM. 8156132059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan dituntut untuk memiliki
kemampuan mengelola program peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Oleh
karena itu kepala sekolah hendaknya dapat melaksanakan supervisi secara efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan supervisi akademik oleh
kepala sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lubukpakam Kabupaten Deli
Serdang, meliputi supervisi akademik pada: (1) perencanaan pembelajaran; (2)
pelaksanaan pembelajaran; dan (3) evaluasi pembelajaran. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini guru PPKN
sebanyak 6 guru di SMA N 1 Lubukpakam, Kepala Sekolah SMA Negeri 1
Lubukpakam dan Kepala sekolah SMA. Pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara dan dokumentasi. Fokus dalam penelitian ini adalah
pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru
di SMA Negeri 1 Lubukpakam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan
supervisi akademik oleh kepala SMA berada pada kategori kurang baik,
sedangkan pelaksanaan Supervisi akademik oleh kepala sekolah dapat
dikategorikan baik. Dalam hal ini perlu peran kepala sekolah untuk mendampingi
kepala sekolah pada pelaksanaan supervisi akademik pada perencanaan
pembelajaran di SMA dengan menyelenggarakan workshop dikemudian hari.
Kepala sekolah dalam evaluasi pelaksanaan supervisi memberikan arahan pada
guru dalam pembuatan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
dengan mengajarkan pada guru dalam memanfaatkan media pembelajaran;
dengan, pemberian arahan serta masukan mengenai instrumen penilaian yang
dipersiapkan oleh guru sedangkan kepala sekolah hanya dengan cara kunjungan
kelas dan memeriksa perangkat penilaian yang dipersiapkan oleh guru. Dari hasil
analisis supervisi akademis di
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.12 Sil a |
Keywords: | Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Kinerja Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Mar 2018 08:02 |
Last Modified: | 22 Mar 2018 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29525 |