PARAPAT, YULIANA (2018) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA TATA BOGA SMK NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123342039 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2. NIM. 5123342039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
3. NIM. 5123342039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 5123342039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM. 5123342039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
6. NIM. 5123342039 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 5123342039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
8. NIM. 5123342039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
12. NIM. 5123342039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
13. NIM. 5123342039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
14. NIM. 5123342039 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Yuliana Parapat; NIM 5123342039; Hubungan Motivasi Belajar dan Dukungan Orang Tua dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Tata Boga SMK Negeri 3 Pematang Siantar. Skripsi Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Program Studi Pendidikan Tata Boga. Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan, 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui motivasi belajar siswa; (2) Mengetahui dukungan orang tua siswa; (3) Mengetahui minat berwirausaha siswa; (4) Mengetahui hubungan motivasi belajar siswa dengan minat berwirausaha; (5) Mengetahui hubungan dukungan orang tua siswa dengan minat berwirausaha; (6) Mengetahui hubungan motivasi belajar siswa dan dukungan orang tua dengan minat berwirausaha. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Lokasi penelitian di SMK Negeri 3 Pematang Siantar dengan jumlah sampel 30 siswa. Waktu penelitian mulai bulan Juli-Oktober 2017. Data motivasi belajar, dukungan orang tua, dan minat berwirausaha dikumpulkan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif data, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis dengan uji korelasi product moment, uji parsial dan uji korelasi ganda.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat uji kecenderungan variabel motivasi belajar termasuk pada kategori cenderung kurang sebanyak 70 persen, dukungan orang tua termasuk pada kategori cenderung cukup 80 persen, dan minat berwirausaha termasuk kategori cenderung cukup 80 persen. Hasil analisis uji normalitas data dengan dk=5 pada variabel motivasi belajar X1h < Xt (5,25 < 11,07), dukungan orang tua X2h < Xt (5,75 < 11,07), dan minat berwirausaha X3h < Xt (4,25 < 11,07). Hasil analisis korelasi product moment terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan minat berwirausaha dengan nilai r1h> rt (0,390 > 0,355), artinya semakin tinggi motivasi belajar siswa maka semakin tinggi minat berwirausaha. Hasil analasis korelasi product moment terdapat hubungan yang singnifikan antara dukungan orang tua dengan minat berwirausaha dengan nilai r2h > rt (0,528 > 0,355), artinya semakin tinggi dukungan orang tua maka semakin tinggi minat berwirausaha. Hasil analisis korelasi ganda antara motivasi belajar siswa dan dukungan orang tua dengan minat berwirausaha dengan nilai Fh > Ft (11,89 > 3,35), artinya semakin tinggi motivasi belajar siswa dan semakin tinggi dukungan orang tua, maka semakin tinggi minat berwirausaha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BOGA 009 |
Keywords: | MOTIVASI BELAJAR; DUKUNGAN ORANG TUA; MINAT BERWIRAUSAHA |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 12 Mar 2018 09:22 |
Last Modified: | 12 Mar 2018 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29494 |