SITUMEANG, ANDI R.S. (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 2 SIATAS BARITA TAPANULI UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Nim_ 5113111003 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM_ 5113111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (686kB) | Preview
3. NIM_ 5113111003 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
4. NIM_ 5113111003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
5. NIM_ 5113111003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
6. NIM_ 5113111003 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM_ 5113111003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8.NIM_5113111003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM_ 5113111003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
13. NIM_ 5113111003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
14. NIM_ 5113111003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar rencana anggaran biaya siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar rencana anggaran biaya siswa dalam proses pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMKN 2 Siatas Barita. Subjek penelitian adalah model pembelajaran kolaboratif dan objek penelitiannya adalah aktivitas dan hasil belajar siswa kompetensi keahlian TGB kelas XI SMKN 2 Siatas Barita. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi aktivitas siswa untuk melihat aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung.
Pada uji instrument yang dilakukan, dari 20 soal yang disebarkan didapat soal yang valid sebanyak 17 soal, dan 3 soal yang tidak valid.
Dari data hasil observasi terhadap aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 11 siswa (55%) untuk kategori tidak aktif, 8 siswa (40%) untuk kategori cukup aktif dan 1 siswa (5%) untuk kategori aktif. Sedangkan pada siklus II Kategori cukup aktif tidak ada, 13 siswa (65%) untuk kategori aktif dan 7 siswa (35%) untuk kategori sangat aktif. Untuk nilai rata-rata aktitas belajar siswa pada siklus I yaitu 68 meningkat menjadi 82 pada siklus II. Selanjutnya dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 16 siswa (80%) untuk kategori tidak kompeten dan 4 siswa (20%) untuk kategori kompeten. Sedangkan pada siklus II diperoleh 16 siswa (80%) untuk kategori kompeten dan 4 siswa (20%) untuk kategori sangat kompeten. Untuk nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I yaitu 70 meningkat menjadi 85 pada siklus II.
Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kolaboratif dapat : 1) meningkatkan aktivitas belajar menyusun rencana anggaran biaya siswa kels XI kompetensi keahlian teknik gambar bangunan SMKN 2 Siatas Barita , 2) meningkatkan hasil belajar menyusun rencana anggaran biaya siswa kelas XI kompetensi keahlian teknik gambar bangunan SMKN 2 Siatas Barita .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 018 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 12 Mar 2018 09:04 |
Last Modified: | 12 Mar 2018 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29491 |