Nazaruddin, Ilham (2018) PENGARUH METODE EKSPERIMEN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 101739 SEI MENCIRIM. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156182022 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. NIM. 8156182022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (544kB) | Preview
3. NIM. 8156182022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4. NIM. 8156182022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 8156182022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
6. NIM 81568022 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 8156182022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
8. NIM. 8156182022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 8156182022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
13. NIM. 8156182022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
14. NIM. 8156182022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan Metode Eksperimen dan hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan Metode Konvensional , (2 Perbedaan hasil belajar IPA siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dengan siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah, dan (3) Interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 101739 Sei Mencirim pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 70 siswa. Sampelnya adalah semua siswa yang mengambil mata pelajaran IPA sebanyak 35 siswa pada kelas VA dan sebanyak 35 siswa pada kelas VB. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data adalah tes hasil belajar IPA dan angket motivasi belajar. Metode penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan Anava pada signifikan
= 0,05. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan Metode Eksperimen dan hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan Metode Konvensional (
= 22,795 >
= 3,98), (2) Terdapat perbedaaan yang signifikan antara hasil belajar IPA siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dengan siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah
= 13,673 >
= 3,13), (3) Terdapat interaksi antara Metode Pembelajaran dan motivasi belajar IPA siswa (
= 5,228>
= 3,13). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Metode Eksperimen lebih baik digunakan untuk membelajarkan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi sedangkan Metode Konvensional baik digunakan kepada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah dan terdapat interaksi antara Metode Eksperimen dan motivasi belajar.Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan Metode Eksperimen lebih tinggi hasil belajarnya daripada siswa yang dibelajarkan dengan Metode Konvensional
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.157 1 Naz p |
Keywords: | Metode Eksperimen, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Mar 2018 03:57 |
Last Modified: | 05 Mar 2018 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29411 |