Lubis, Anggia Nadrah (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS KOLABORATIF DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 066045 MEDAN HELVETIA. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM 8156181002 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2 NIM 8156181002 LEMBARAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
3 NIM 8156181002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4 NIM 8156181002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
5 NIM 8156181002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6 NIM 8156181002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7 NIM 8156181002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8 NIM 8156181002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9 NIM. 8156181002 BAB I.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
13 NIM.8156181002 BAB V.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
14 NIM. 8156181002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana
pelaksanaan penerapan perbedaan pengaruh model pembelajaran dalam
membentuk keterampilan berpikir kreatif; (2) Apa yang menjadi faktor pendukung
dan penghambat pelaksanaan penerapan perbedaan pengaruh tingkat aktivitas
belajar terhadap keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui: (1) Perbedan pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan
berpikir kreatif; (2)Perbedan Pengaruh tingkat aktivitas belajar terhadap
keterampilan berpikir kreatif siswa; (3) Interaksi antara model pembelajaran direct
instruction dan discovery learning dengan tingkat aktivitas belajar dalam
mempengaruhi keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain faktorial 2 x 2.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 066045 Medan Helvetia,
dan sampel dipilih secara total sampling sebanyak dua kelas. Kelas eksperimen
diberi perlakuan pembelajaran dengan model discovery learning berbasis
kolaboratif dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran direct instruction.
Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes keterampilan berpikir kreatif dan
angket aktivitas belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan ANAVA
dua jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan berpikir
kreatif yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning
berbasis kolaboratif berbeda dan menunjukkan hasil rerata gain ternormalisasi
berpikir kreatif yang lebih tinggi daripada model Direct Instruction; (2) Aktivitas
Belajar tinggi mempengaruhi keterampilan berpikir kreatif siswa lebih baik
dibanding aktivitas belajar rendah; dan (3) terdapat interaksi antara model
pembelajaran Discovery Learning berbasis kolaboratif dan model Direct
Instruction dengan aktivitas belajar dalam mempengaruhi keterampilan berpikir
kreatif siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.360 71 Lub p |
Keywords: | Keterampilan Berpikir Kreatif, Aktivitas Belajar, Discovery Learning, Pembelajaran IPA, Kolaboratif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Mar 2018 03:07 |
Last Modified: | 05 Mar 2018 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29408 |