Rahmawati, Yayuk (2018) PENGEMBANGAN MEDIA WALK PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI PADA PROGRAM MEMBACA BERIMBANG. Masters thesis, UNIMED.
1 Nim 8146182044 Cover.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2 Nim 8146182044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (904kB) | Preview
3 Nim 8146182044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4 Nim 8146182044 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5 Nim 8146182044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
6 Nim 8146182044 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7 Nim 8146182044 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8 Nim 8146182044 LIS OF APPENDICESS.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9 Nim 8146182044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (746kB) | Preview
13 Nim 8146182044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
14 Nim 8146182044 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Proses membaca untuk anak usia dini dilakukan melalui pengenalan simbol-simbol yang menarik. Untuk itulah perlu adanya pengembangan terhadap media agar dapat membantu anak dalam proses belajar membaca. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media walk puzzle, yang terdiri dari (1) pohon huruf, (2) pohon suku kata, (3) pohon kata, dan (4) rumput kalimat untuk anak usia dini. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media walk puzzle untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang telah dimodifikasi. Tahapan pengembangan model 4-D adalah, pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran.
Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik RAa Al-Ikhlas Konggo Sunggal Deliserdang pada Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 20 orang. Anak laki-laki berjumlah 9 orang dan anak perempuan berjumlah 11 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar validasi media walk puzzle, (2) lembar pengamatan kemampuan guru mengelola pembelajaran, (3) lembar pengamatan aktivitas anak, (4) lembar kesan guru, (5) dan tes hasil belajar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektifitas pembelajaran membaca meningkat setelah penggunaan media walk puzzle yang berimplikasi pada meningkatnya minat, perhatian anak didik, kemampuan membaca anak meningkat, pembelajaran menjadi lebih interaktif dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.4 Rah p |
Keywords: | media walk puzzle, kemampuan membaca, membaca berimbang |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Mar 2018 03:00 |
Last Modified: | 05 Mar 2018 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29407 |