Nasryah, Cut Eva (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMP NEGERI 17 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156171006 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2. NIM. 8156171006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
3. NIM. 8156171006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 8156171006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
5. NIM. 8156171006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 8156171006 TABLE.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. NIM. 8156171006 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8. NIM. 8156171006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8156171006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
13. NIM. 8156171006 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (615kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menemukan perangkat pembelajaran berbasis
pendekatan realistik yang dikembangkan yang valid; 2) menemukan perangkat
pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan yang praktis; 3)
menemukan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang
dikembangkan yang efektif; 4) menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa yang diajar melalui perangkat pembelajaran berbasis
pendekatan realistik yang dikembangkan; dan 5) menganalisis peningkatan
kecerdasan emosional siswa yang diajar melalui perangkat pembelajaran berbasis
pendekatan realistik yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pertama
pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik
menggunakan model pengembangan Four-D, dan tahap kedua mengujicobakan
perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan di kelas
VII-2 dan VII-4 SMPN 17 Medan. Perangkat Pembelajaran yang dihasilkan dari
penelitian ini adalah: rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja
siswa (LKS), buku siswa (BS), dan tes kemampuan pemecahan masalah
matematis (TKPMM). Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1)
menemukan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang
dikembangkan yang valid; 2) menemukan perangkat pembelajaran berbasis
pendekatan realistik dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis ditinjau dari
penilaian para ahli dan keterlaksanaan perangkat pembelajaran; 3) menemukan
perangkat pembelajaran yang efektif dengan kriteria keefektifan ditinjau dari a)
ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; dan
c) respon positif siswa; 4) terdapat peningkatan pada kemampuan pemecahan
masalah siswa yang di ajar dengan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan
realistik pada uji coba I memperoleh rata-rata skor 80,6% meningkat menjadi
86,11% pada uji coba II , dan 5) terdapat peningkatan pada kecerdasan emosional
siswa yang diajar dengan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik
yang dikembangkan pada uji coba I memperoleh rata-rata skor 75,33% meningkat
pada uji coba II menjadi 75,87%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Nas p |
Keywords: | Pengembangan perangkat, model 4-D, pendekatan realistik, pemecahan masalah, kecerdasan emosional |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Mar 2018 07:56 |
Last Modified: | 02 Mar 2018 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29402 |