Harahap, Susanna Ronaria (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 27 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156172042 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM 8156172042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
3. NIM. 8156172042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4. NIM. 8156172042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. NIM. 8156172042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM. 8156172042 TABLES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7. NIM. 8156172042 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
8. NIM. 8156172042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (870kB) | Preview
11. NIM. 8156172042 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
12. NIM. 8156272042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
13. NIM. 8156172042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis validitas perangkat pembelajaran
berbasis pendekatan realistik. 2) Menganalisis efektifitas perangkat pembelajaran
matematika yang efektif berbasis pendekatan realistik. 2) Menganalisis
peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan
melalui perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan Realistik 3) Menganalisis
peningkatan disposisi matematis siswa yang diajar melalui perangkat
pembelajaran berbasis Pendekatan Realistik. 4) Menganalisis proses jawaban
yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemecahan
masalah siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Four-D
dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan perangkat
pembelajaran berbasis pendekatan realistik dan tahap kedua mengujicobakan
perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan di kelas
VII-5 dan VII-7 SMPN 27 Medan untuk melihat efektivitasnya. Dari hasil uji
coba I dan Uji coba II diperoleh hasil analisis: 1) perangkat pembelajaran yang
dikembangkan memenuhi kriteria valid, baik dalam validitas isi maupun validitas
konstruk. 2) perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang
dikembangkan efektif, ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal
pada uji coba I sebesar 80% dan pada uji coba II sebesar 90%; b) ketercapaian
tujuan pembelajaran pada uji coba I dan pada uji coba II tercapai pada seluruh
soal ; c) ketercapaian waktu pembelajaran pada uji coba I dan uji coba II adalah
ideal. dan d) respon siswa terhadap terhadap komponen dan kegiatan
pembelajaran adalah positif. 3) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan
realistik yang dikembangkan dapat meningkatkan Kemampuan Pemecahan
Masalah siswa; 4) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang
dikembangkan dapat Meningkatkan Disposisi Matematis Siswa dan 5) Proses
jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari proses jawaban siswa pada uji coba
I. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan berupa rencana pelaksanaan
pembelajaran, lembar kerja siswa, buku guru, buku siswa, dan tes pemecahan
masalah matematik siswa di kelas VII SMP.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Har p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat, Model 4-D, Pendekatan Realistik, Pemecahan Masalah, Disposisi Matematis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Mar 2018 04:24 |
Last Modified: | 02 Mar 2018 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29397 |