ANALISIS DAN PELAKSANAAN RPP GURU BIOLOGI DI SMA NEGERI SEKABUPATEN MANDAILING NATAL

Lubis, Asnila Khairunnisa (2017) ANALISIS DAN PELAKSANAAN RPP GURU BIOLOGI DI SMA NEGERI SEKABUPATEN MANDAILING NATAL. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146174005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146174005 COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146174005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146174005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146174005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146174005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146174005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146174005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146174005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146174005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146174005 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146174005 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146174005 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146174005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146174005 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146174005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8146174005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8146174005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146174005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146174005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8146174005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8146174005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Komponen-komponen RPP biologi; (2) Pelaksanaan RPP pada kegiatan belajar di kelas; dan (3) Faktor apa saja yang mendukung kemampuan guru dalam menyusun RPP yang dimiliki pada materi sistem reproduksi di SMA Negeri Se-Kabupaten Mandailingnatal. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitaf dengan sampel penelitian sebanyak 20 orang guru biologi yang berasal dari 14 SMA Negeri di Kabupaten Mandailingnatal. Instrumen penelitian menggunakan lembar penilaian dokumen RPP, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dan wawancara. Penelitian dilaksanakan dengan menganalisis RPP guru biologi terlebih dahulu, lalu mengamati pelaksanaan dari RPP yang telah dianalisis dan yang terakhir melakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru biologi di SMA Negeri Se-Kabupaten Mandailingnatal pada materi sistem reproduksi tahun ajaran 2015/2016 tergolong kriteria terencana dengan cukup baik dengan persentase 77%; (2) Pelaksanaan pembelajaran oleh guru biologi di SMA Negeri Se-Kabupaten Mandailingnatal pada materi sistem reproduksi tahuna ajaran 2015/2016 secara umum tergolong kriteria tidak terlaksana dengan baik dengan persentase 62%.; dan (3) Masih terdapat ketidaksesuaian antara perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru biologi SMA Negeri Se-Kabupaten Mandailingnatal dengan proses pelaksaaan pembelajaran di dalam kelas pada materi sistem reproduksi tahun ajaran 2015/2016. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru biologi untuk dapat menyusun perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang lebih baik, sistematis dan operasional dengan mempertimbangkan karakteristik siswa, mencantumkan instrumen evaluasi yang lebih sesuai dan lebih aktif dalam kerjasama dengan kelompok MGMP untuk menghasilkan pembelajaran yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 573.607 12 Lub a
Keywords: Rencana Pembelajaran, Sistem Reproduksi, Pelaksaaan Pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Feb 2018 02:26
Last Modified: 24 Feb 2018 02:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29380

Actions (login required)

View Item
View Item