Marpaung, Desriana (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN GROUP INVESTIGASI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI SMA NEGERI 1 SIANTAR. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146174006 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 8146174006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
3. NIM 8146174006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
4. NIM 8146174006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. NIM 8146174006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM 8146174006 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 8146174006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
8. NIM 8146174006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 8146174006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
13. NIM 8146174006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM 8146174006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui: pengaruh model pembelajaran Inkuiri, kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan Direct Instruction (DI) terhadap (1) hasil belajar biologi dan (2) keterampilan proses sains siswa SMA Negeri 1 Siantar. Penelitian quasi eksperimen ini menggunakan desain penelitian pretest and postest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA dan terdapat tiga kelas paralel yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI MIPA2 dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri, kelas XI MIPA3 dibelajarkan dengan model pembelajaran GI dan kelas XI MIPA4 dibelajarkan dengan (DI). Dua instrumen tes digunakan dalam penelitian ini: (1) tes hasil belajar; dan (2) daftar isian keterampuilan proses sains. Uji persyaratan menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis menggunakan teknik analisis kovariat (ANAKOVA) dan analisis varians satu jalur (One Way Anova) pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan program SPSS 21.0 diujikan dalam penelitian ini. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar biologi siswa SMAN 1 Siantar, hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Inkuiri berbeda secara signifikan dengan kelas yang dibelajarkan dengan model GI (P = 0,04), dan DI (P = 0,00); (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan proses sains siswa SMAN 1 Siantar, dimana kelompok yang dibelajarkan dengan dengan model Inkuiri berbeda secara signifikan dengan kelas yang dibelajarkan dengan model GI (P = 0,03), dan DI (P = 0,00). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Inkuiri lebih baik dari model kooperatif tipe GI dan model DI. Model Inkuiri memungkinkan siswa untuk melakukan aktivitas belajar sainstifik, aktivitas tersebut membantu proses konstruksi pengetahuan bagi siswa. Model kooperatif tipe GI membuat siswa menjadi lebih mempersiapkan diri dalam pembelajaran, siswa bersungguh-sungguh belajar dalam kelompoknya untuk penguasaan materi pelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 573.307 12 Mar p |
Keywords: | Inkuiri, Kooperatif, Group Investigation, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Feb 2018 07:49 |
Last Modified: | 23 Feb 2018 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29374 |