Suryani, Widya (2017) EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY MENGGUNAKAN MIND MAPPING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156176027 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM. 8156176027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
3. NIM. 8156176027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4. NIM. 8156176027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. NIM. 8156176027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
6. NIM. 8156176027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM. 8156176027 TABLES.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
8. NIM. 8156176027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
9. NIM. 8156176027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
13. NIM. 8156176027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 8156176027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: keterampilan proses sains yang diajarkan dengan model scientific inquiry menggunakan mind mapping lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains fisika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis menggunakan model scientific inquiry diatas rata-rata lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis menggunakan pembelajaran konvensional di atas rata-rata, dan interaksi model pembelajaran scientific inquiry menggunakan mind mapping dengan kemampuan berpikir kritis siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Gajah Mada Medan semester I tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains dan tes kemampuan berpikir kritis. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model scientific inquiry menggunakan mind mapping lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains fisika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis menggunakan model scientific inquiry di atas rata-rata lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis menggunakan pembelajaran konvensional di atas rata-rata, dan terdapat interaksi model pembelajaran scientific inquiry menggunakan mind mapping dengan kemampuan berpikir kritis siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Sur e |
Keywords: | Model Scientific Inquiry Menggunakan Mind Mapping, Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Proses Sains. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Feb 2018 04:22 |
Last Modified: | 19 Feb 2018 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29356 |