EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY MENGGUNAKAN MIND MAPPING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA

Suryani, Widya (2017) EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY MENGGUNAKAN MIND MAPPING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156176027 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156176027 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156176027 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156176027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (555kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156176027 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156176027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156176027 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156176027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156176027 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156176027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156176027 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156176027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156176027 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156176027 TABLES.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156176027 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156176027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156176027 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156176027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156176027 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156176027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156176027 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156176027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: keterampilan proses sains yang diajarkan dengan model scientific inquiry menggunakan mind mapping lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains fisika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis menggunakan model scientific inquiry diatas rata-rata lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis menggunakan pembelajaran konvensional di atas rata-rata, dan interaksi model pembelajaran scientific inquiry menggunakan mind mapping dengan kemampuan berpikir kritis siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Gajah Mada Medan semester I tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains dan tes kemampuan berpikir kritis. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model scientific inquiry menggunakan mind mapping lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains fisika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis menggunakan model scientific inquiry di atas rata-rata lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis menggunakan pembelajaran konvensional di atas rata-rata, dan terdapat interaksi model pembelajaran scientific inquiry menggunakan mind mapping dengan kemampuan berpikir kritis siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 2 Sur e
Keywords: Model Scientific Inquiry Menggunakan Mind Mapping, Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Proses Sains.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Feb 2018 04:22
Last Modified: 19 Feb 2018 04:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29356

Actions (login required)

View Item
View Item