Mardiah, Fara Diba (2018) KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN BERDASARKAN FILM PENDEK “RINDU IBU“ SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 Nim 2133111028 Cover.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
2 Nim 2133111028 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
3 Nim 2133111028 Abstract.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4 Nim 2133111028 Acknowledgement.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5 Nim 2133111028 Table of Content.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
6 Nim 2133111028 List of Table.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7 Nim 2133111028 List of Appendices.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8 Nim 2133111028 Chapter I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
12 Nim 2133111028 Chapter V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
13 Nim 2133111028 References.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini mengkaji tentang hasil kemampuan menulis teks ulasan berdasarkan film pendek “rindu ibu” oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Kajian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam menulis teks ulasan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahaan, bagaimana kemampuan siswa menulis teks ulasan berdasarkan film pendek “rindu ibu”. Permasalahan tersebut diteliti di SMP Negeri 3 Medan. Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu sebanyak 40 siswa dengan Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah bentuk tes uraian (essay).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks ulasan berdasarkan film pendek “rindu ibu” siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan tergolong kedalam kategori baik yang didasarkan dari kriteria penilaian yaitu dari aspek orientasi, tafsiran, evaluasi dan rangkuman. Kemampuan menentukan orientasi menulis teks ulasan memperoleh skor (23,25) kategori sangat baik. Hal tersebut terlihat dari gambaran umum dan paparan mengenai film yang diulas sesuai. Kemampuan menentukan tafsiran menulis teks ulasan memperoleh skor (19,875) kategori baik. Hal tersebut terlihat dari menilai kekurangan dan kelebihan film yang diulas. Kemampuan menentukan evaluasi menulis teks ulasan memperoleh skor (13,875) kategori cukup. Hal tersebut dilihat dari penilaian karya yang diulas. Kemampuan menentukan rangkuman menulis teks ulasan memperoleh skor (18,5) kategori cukup. Hal tersebut dilihat dari kesimpulan yang diulas. Hasil analisis kemampuan menulis teks ulasan berdasarkan tabel distribusi presentase nilai kemampuan menulis teks ulasan menunjukkan pada kategori sangat baik (20%), kategori baik (45%), kategori cukup (22,5%), kategori kurang (12,5%).
Melalui penelitian ini harapannya guru bahasa Indonesia khususnya guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Medan dapat mengetahui kemampuan siswa terkhusus dalam menulis teks ulasan. Setelah mengetahui kemampuan siswa maka guru dapat lebih meningkatkan efektivitas pembelajaran menulis teks ulasan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 19 Feb 2018 02:31 |
Last Modified: | 19 Feb 2018 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29351 |