Sembiring, Endang Rismayanti (2017) PENGARUH MEDIA FOTO BERORIENTASI KEHIDUPAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA YAYASAN PENDIDIKAN GEMA BUWANA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER (NIM 2133111021).pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. PERNYATAAN (NIM 2133111021).pdf - Published Version
Download (640kB) | Preview
3. ABSTRAK (NIM 2133111021).pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR (NIM 2133111021).pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
5. DAFTAR ISI (NIM 2133111021).pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL (NIM 2133111021).pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. DAFTAR LAMPIRAN (NIM 2133111021).pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. BAB I (NIM 2133111021).pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
12. BAB V (NIM 2133111021).pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13. DAFTAR PUSTAKA (NIM 2133111021).pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media foto berorientasi kehidupan sosial terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X SMA Swasta Yayasan Pendidikan Gema Buwana dengan populasi 126 siswa. Sampel diambil secara acak dan didapat kelas X-4 sebagai sampel dalam penelitian ini dengan jumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Tes penelitian dengan desain ini dilakukan sebanyak dua kali sebelum dan sesudah perlakuan. Perlakuan yang akan diberikan berupa media foto berorientasi kehidupan sosial terhadap kemampuan menulis teks eksposisi.
Kemampuan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan media foto berorientasi kehidupan sosial memperoleh nilai 61,77 (berada pada kategori cukup), sedangkan kemampuan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan media foto berorientasi kehidupan sosial memperoleh nilai rata-rata 81,45 (berada pada kategori baik).
Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji “t” menunjukkan thitung (9,50) > ttabel (2,04) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh media foto berorientasi kehidupan sosial terhadap kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Swasta Yayasan Pendidikan Gema Buwana Tahun Pembelajaran 2017/2018. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis teks eksposisi dengan menggunakan media foto berorientasi kehidupan sosial berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks eksposisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 19 Feb 2018 02:18 |
Last Modified: | 19 Feb 2018 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29349 |