Manullang, Amelia Irayanti (2018) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMBACA CERITA BIOGRAFI BERMUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN BAGI SISWA SMP KELAS VIII. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156191022 COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. NIM 8156191022 APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 8156191022 ABSTARCT.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
4. NIM 8156191022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
5. NIM 8156191022 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
6. NIM 8156191022 TABELS.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
7. NIM 8156191022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8 NIM 8156191022 LIST OF APPANDICES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM 8156191022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (763kB) | Preview
13. NIM 8156191022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
14. NIM 8156191022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan membaca cerita biografi yang bermuatan nilai-nilai pendidikan kewirausahaan untuk meningkatkan semangat membaca dalam pembelajaran teks biografi. Nilai-nilai pendidikan kewirausahaan terdiri atas sepuluh nilai, yakni komitmen, percaya diri, kerja sama, teliti, kreatif, tantangan, perhitungan, komunikasi, daya saing, berubah. Nilai-nilai tersebut merupakan nilai yang terkandung dalam karakter kewirausahaan. Nilai-nilai tersebut dikembangkan dalam buku pengayaan membaca cerita biografi bermuatan nilai-nilai pendidikan kewirausahaan bagi siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Borg dan Gall yang terdiri atas sepuluh tahap, yakni (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) pengumpulan data, (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) merevisi hasil uji coba, (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan, (8) uji pelaksanaan lapangan, (9) penyempurnaan produk akhir, dan (10) diseminasi dan implementasi produk. Hasil dari penelitian ini menyatakan buku pengembangan membaca cerita biografi ini sangat dibutuhkan bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Buku pengayaan ini divalidasi oleh tim ahli materi dan ahli desain. Validasi materi terdiri atas validasi materi ekonomi (90.35%) dan validasi bahasa (97%) dengan kriteria sangat baik. Validasi desain (89%) dengan kriteria sangat baik. Penilaian guru dalam proses pembelajaran menggunakan buku pengayaan membaca cerita biografi (96,5) dengan kriteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 418.407 11 Man p |
Keywords: | Buku Pengayaan; Pembelajaran; Cerita Biografi; Membaca; Pendidikan Kewirausahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 15 Feb 2018 08:13 |
Last Modified: | 21 May 2018 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29341 |