Sihaloho, Hendra Waldi (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126176011 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 8126176011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
3. NIM. 8126176011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
3. NIM. 8126176011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 8126176011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
6. NIM. 8126176011 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM. 8126176011 TABLES.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
8. NIM. 8126176011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
9. NIM. 8126176011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
13. NIM. 8126176011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM. 8126176011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Apakah terdapat peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran inquiry training dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes keterampilan proses sains dalam bentuk uraian sebanyak 10 soal dan insrumen tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 15 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inquiry training dan pembelajaran konvensional terhadap keterampilan proses sains siswa. Keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training lebih baik daripada pembelajaran konvensional dengan peningkatan pada kategori tinggi. Ada pengaruh model pembelajaran inquiry training dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training lebih baik daripada pembelajaran konvensional dengan peningkatan pada kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Sih p |
Keywords: | inquiry training, keterampilan proses sains dan peningkatan,Hasil Belajar, David Ausubel |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Feb 2018 03:04 |
Last Modified: | 15 Feb 2018 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29325 |