PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERFIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SD NEGERI 142651 DAN SD NEGERI 144463 MADINA

Pinayungan, Melda (2010) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERFIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SD NEGERI 142651 DAN SD NEGERI 144463 MADINA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500061188210010 abstrak.pdf]
Preview
Text
1500061188210010 abstrak.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of 1500061188210010 kata pengantar.pdf]
Preview
Text
1500061188210010 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1500061188210010 bab I.pdf]
Preview
Text
1500061188210010 bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1500061188210010 bab V.pdf]
Preview
Text
1500061188210010 bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia antara siswa yang diajar dengan strategi elaborasi dan basilbelajar bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) Perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia antara siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkrit dan yang merniliki gaya berpikir sekuensial abstrak, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar bahasa Indonesia.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD 142651 dan SD 144463 Madina, berjumlah 143 orang yang berasal dari 4 kelas. Teknikpenarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Jumlah sampelpenelitian untuk strategi elaborasi terdiri 73 siswa dan 70 siswa untuk strategi pembelajaran ekspositori. Instrutnen pengukuran untuk mengukur basil belajardigunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban yang terdiri dan 30 soal yang memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,78. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desalt penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan a — 0,05.Temuan penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan strategi elaborasi (R=23,16) lebih tinggi daripada hasilbelajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori (R=21,35), dengan Ftatung = 12,14 > Ftai = 3,92 , (2) basil belajar bahasa Indonesia siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkrit (R— 23,92) lebih tinggi daripadabasil belajar siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak 20,65),dengan Fhitung = 42,01 > Fut, = 3,92, (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir terhadap basil belajar bahasa Indonesia, dengan Fhitung = 83,73 > Fj = 3,92. Perhitungan uji lanjut dengan uji Seheffe menunjukkan basil belajar bahasa Indonesia siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkrit lebih tinggi bila diajar dengan strategi elaborasi, sedangkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak lebih tinggi bila diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372. 24 Pin p
Keywords: Gaya Berfikir; Hasil Belajar Siswa; Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 27 Apr 2016 18:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2931

Actions (login required)

View Item
View Item