Sembiring, Nurhasanah Permata (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIKULTURAL PADA MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS X SMA NEGERI 1 SILINDA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156191031 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM 815191031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
3. NIM 8156191031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
4. NIM 8156191031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
5. NIM 8156191031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM 8156191031 TABLES.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
7. NIM 8156191031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
8. NIM 8156191031 LIST OF APENDICES.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
9. NIM 8156191031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
13. NIM 8156191031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM 8156191031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis multikultural pada materi teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Silinda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan Research and Development (R & D) yang merujuk pada model Borg and Gall. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Validasi produk terdiri dari dua ahli materi dan dua ahli desain produk. Subjek ujicoba penelitian ini terdiri dari 3 siswa untuk uji perorangan, 9 siswa untuk uji kelompok kecil dan 32 siswa untuk uji lapangan terbatas. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 90,62% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 90,11% pada kriteria sangat baik, dan aspek kebahasaan dengan rata-rata 89,58% pada kriteria sangat baik. (2) validasi ahli desain bahan ajar dengan rata-rata 92,08% pada kriteria sangat baik. (3) respon guru dengan rata-rata 87,50% pada kriteria sangat baik (4) uji coba perorangan dengan rata-rata 79,62% pada kriteria baik, (5) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 84,25% pada kriteria baik, (6) uji lapangan terbatas dengan rata-rata 90,19% pada kriteria sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis multikultural layak, mudah dan efektif dingunakan pada pembelajaran teks laporan hasil observasi di SMA kelas X.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 418.071 2 Sem p |
Keywords: | pengembangan bahan ajar, teks laporan hasil observasi, berbasis multikultural |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 08:07 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29290 |