PURBA, PANDRI (2018) PENGARUH DISIPLIN DIRI DAN KEPUASAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT KELAS XI SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5133121027 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
02. NIM 5133121027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (614kB) | Preview
03. NIM 5133121027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
04. NIM 5133121027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
05. NIM 5133121027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
07. NIM 5133121027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
08. NIM 513312107 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (673kB) | Preview
12. NIM 5133121027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
13. NIM 5133121027 BLBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh antara Disiplin Diri dan Kepuasan Belajar terhadap Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut pada siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriktif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TP SMK Negeri 2 Medan dengan jumlah 104 orang .Sampel penelitian diambil menggunakan teknik proporsional random sampling melalui rumus Slovin diperoleh keseluruhannya berjumlah 51 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menjaring data penelitian adalah angket untuk mengukur Disiplin Diri dan Kepuasan Belajar serta tes untuk data hasil belajar Teknik Pemesinan Bubut. Sebelum instrument penelitian dipergunakan terlebih dahulu diuji validitas dan realibilitasnya. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 20. Dari hasil analisis data yang dilakukan diperoleh: (1) Terdapat Pengaruh yang positif dan signifikan antara Disiplin Diri terhadap hasil belajar Teknik Pemesinan Bubut ditunjukkan dengan koefisien product momen rhitung > rtabel pada taraf signifikansi 5 % yaitu 0,572 > 0,276. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kepuasan belajar terhadap Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut ditunjukkan dengan koefisien korelasi product momen rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5 % yaitu 0,401 > 0,276. (3) Terdapat Pengaruh yang positif dan signifikan antara Disiplin Diri dan Kepuasan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar Teknik Pemesinan Bubut ditunjukkan dengan korelasi ganda R sebesar 0,609, Fhitung > Ftabel pada taraf signifikan 5 % yaitu 14,135> 3,19 dengan persamaan regresi ganda adalah Y = -4,897 + 0,706 X1 + 0,207X2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSN 013 |
Keywords: | Disipin Diri, Kepuasan Berlajar, Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 29 Jan 2018 10:38 |
Last Modified: | 21 Feb 2019 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29194 |