BAKTI, ASMARA (2017) ANALISIS KEBIJAKAN PENDIRIAN SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DI KABUPATEN ACEH SELATAN. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 8156132058 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM. 8156132058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (691kB) | Preview
3. NIM. 8156132058 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 8156132058 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM. 8156132058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
6. NIM. 8156132058 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 8156132058 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM. 8156132058 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. NIM. 8156132058 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
13. NIM. 8156132058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
14. NIM. 8156132058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis kebijakan pendirian satuan pendidikan dasar dan menengah di Kabupaten Aceh Selatan dengan menggunakan teori implementasi kebijakan George C Edwards III dengan cara melihat bagaimana proses komunikasi, kesiapan sumberdaya, proses disposisi dan faktor struktur birokrasi serta implementasi Kepmendiknas nomor 60 tahun 2002 dalam analisis implementasi kebijakan pendirian satuan pendidikan dasar dan menengah di Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi dengan informan para pengambil kebijakan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 24 sekolah yang dibangun dan dinegerikan pada tahun 2014 dan tahun 2016 terdapat 12 sekolah jumlah siswa tidak sesuai dengan syarat rombongan belajar yang ditetapkan, sarana dan prasarana sekolah belum lengkap dan penempatan pendidik serta tenaga kependidikan belum merata. Proses komunikasi, sosialisasi tentang syarat pendirian sekolah tidak dilaksanakan dengan baik. Kesiapan sumberdaya seperti penyampaian informasi tentang syarat pendirian sekolah belum maksimal, fasilitas sarana dan prasarana sekolah belum lengkap dan memadai. Proses disposisi belum tepat karena dinas pendidikan tidak menerbitkan surat keputusan dan insentif untuk tim verifikasi studi kelayakan. Faktor struktur birokrasi belum jelas karena belum ada pembagian tugas yang jelas dalam tim verifikasi pendirian sekolah, standar operasional prosedur belum mengacu pada Kepmendikbud Nomor 060/U/2002. Kesimpulan penelitian bahwa Dinas Pendidikan Aceh Selatan belum optimal melaksanakan implementasi kebijakan sesuai dengan Kepmendiknas Nomor 060/U/2002. Saran kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Selatan agar melengkapi sarana dan prasarana yang belum ada serta pemerataan guru pada sekolah SD dan SMP yang didirikan pada tahun 2014 dan tahun 2016. Saran untuk Dinas Pendidikan Provinsi Aceh agar memperhatikan dan melengkapi fasilitas sekolah menengah yang di bangun tahun 2014 di Kabupaten Aceh Selatan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | KEBIJAKAN PENDIRIAN SATUAN PENDIDIKAN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:54 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29151 |