Rusdi, Azimar (2017) HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA, BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP TERHADAP SAINS DENGAN LITERASI SAINS PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA MAN MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER TESIS.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN, PERSETUJUAN, PLAGIAT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan literasi sains; (2) Hubungan kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan literasi sains; (3) Hubungan sikap terhadap sains dengan kemampuan literasi sains; (4) Hubungan kemampuan membaca, berpikir kreatif dan sikap terhadap sains secara bersama – sama dengan literasi sains dalam topik pencemaran lingkungan. Sampel penelitian sebanyak 219 orang siswa MA Negeri Medan kelas XI IPA yang diambil secara cluster random sampling dari 3 MA Negeri di kota Medan. sikap siswa terhadap sains. Penelitian ini terdiri atas tahapan persiapan, pelaksanaan dan pascapenelitian. Instrumen penelitian terdiri atas tes literasi sains, tes kemampuan membaca pemahaman, tes kemampuan berpikir kreatif dan angket sikap siswa terhadap sains. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan teknik analisis jalur pada taraf α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan : (1) terdapat hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan literasi sains pencemaran lingkungan (r = 0,433 ); (2) terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dengan literasi sains pencemaran lingkungan (r = 0,557); (3) terdapat hubungan antara sikap terhadap sains dengan literasi sains pencemaran lingkungan (r = 0,363); (4) terdapat hubungan antara kemampuan membaca pemahaman, kemampuan berpikir kreatif, dan sikap terhadap sains secara bersama – sama dengan literasi sains pencemaran lingkungan (r = 0,628). Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa kemampuan membaca pemahaman, kemampuan berpikir kreatif, dan sikap terhadap sains mempunyai peranan penting dalam peningkatan literasi sains siswa pada tema Pencemaran Lingkungan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan membaca pemahaman; berpkir kreatif ; sikap terhadap sains ; literasi sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:54 |
Last Modified: | 24 Mar 2020 08:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29150 |