Shabri, Mulia (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 JANGKA KEC. JANGKA KAB. BIREUEN. Masters thesis, UNIMED.
01. COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
02. PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
03. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
05. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
09. BAB I.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
Abstract
Penelitian Pengembangan perangkat pembelajaran IPS berbasis model pembelajaran Examples Non Examples bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pelaksanaan perangkat pembelajaran IPS berbasis model Examples Non Examples untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 1 Jangka Kec. Jangka Kab. Bireuen. Pengembangan model pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang telah dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis model Examples Non Examples telah memenuhi kriteria kevalidan. Kriteria kevalidan terlihat dari hasil analisis kevalidan perangkat pembelajaran IPS yang memenuhi kriteria valid. Selanjutnya berdasarkan hasil yang diperoleh dilapangan mulai dari data kegiatan guru, data kemampuan berpikir kritis siswa, data respon siswa, serta data hasil belajar siswa, maka terjadi peningkatan presentase pada tiap data dilapangan dari tahap simulasi kemudian menjadi meningkat presentasenya pada tahap uji coba lapangan. Hasil penelitian pada tahap uji coba lapangan menunjukkan: (1) Terjadi peningkatan kegiatan guru pada setiap pertemuan, pertemuan pertama mendapatkan 79%, pertemuan kedua meningkat menjadi 85%, pertemuan ketiga meningkat menjadi 94%, dan pada pertemuan yang keempat juga meningkat menjadi 96%; (2) Hasil pada kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan pada pertemuan pertama mendapatkan presentase 82%, pada pertemuan kedua, ketiga, dan keempat diperoleh presentase yang sempurna dengan presntase 100%; (3) Hasil respon siswa menunjukkan bahwa tidak ada siswa yang memilih jawaban STS (Sangat Tidak Setuju) dan TS (Tidak Setuju) di tahap simulasi maupun tahap uji coba lapangan. Semua siswa hanya memilih jawaban S (Setuju) dan SS (Sangat Setuju) baik di tahap simulasi maupun tahap uji coba lapangan; (4) Hasil belajar siswa pada tahap uji coba lapangan diperoleh presentase 88%. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan presentase pada tiap data dilapangan dan penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | pembelajaran IPS, Model Pembelajaran Examples Non Examples, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:54 |
Last Modified: | 24 Mar 2020 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29148 |