Fortuna, Wita (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS MAS YPI BAGAN ASAHAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3133321027 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM.3133321027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
3. NIM. 3133321027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM. 3133321027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
5. NIM. 3133321027 TABEL OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 3133321027 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 3133321027 LIST OF FINGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 3133321027 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 3133321027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
13. NIM. 3133321027 CAHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 3133321027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar peserta didik yang di ajarakan dengan strategi pembelajaran demonstrasi dengan strategi pembelajaran role playing pada mata pelajaran sejarah KELAS XI IPS MAS YPI Bagan Asahan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MAS YPI Bagan Asahan terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 kelas dari populasi secara acak yaitu kelas XI IPS1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelas XI IPS2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan desain penilitian adalah two group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Pengujian instrument tes hasil belajar adalah dengan uji-t satu pihak, sedangkan lembar aktivitas belajar siswa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran demonstrasi diperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 79 dan kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran role playing diperoleh nilai rata-rata post-test 55,5. Hasil uji normalitas dan homogenitas diperoleh populasi berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis uji-t pada nilai pos-test diperoleh t > ttabel = 23,447 > 1,682, hal ini menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh strategi pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS MAS YPI Bagan Asahan T.P 2017/2018. Aktivitas belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran demonstarsi diperoleh nilai rata-rata 78,25 dengan kriteria cukup aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 SJRH 002 |
Keywords: | strategi pembelajara, hasil belajar sejarah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP50 History L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:52 |
Last Modified: | 19 Mar 2018 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29132 |