HUSNA, ASMAUL (2017) PENERAPAN TEKNIK QUICK ON THE DRAW DALAM MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 6 BINJAI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342062_COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 7133342062_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
3. NIM. 7133342062_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
4. NIM. 7133342062_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 7133342062_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
6. NIM. 7133342062_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM. 7133342062_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7133342062_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
9. NIM. 7133342062_BAB I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
13. NIM. 7133342062_BAB V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
14. NIM. 7133342062_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar ekonomi akuntansi siswa”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi melalui penerapan teknik Quick
On The Draw dalam model pembelajaran Student Teams Achievement Division kelas XII IPS 2 SMA Negeri 6 Binjai Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Binjai yang beralamat di Jalan A.R. Hakim No 66A Kota Binjai . Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS 2 yang berjumlah 40 orang siswa. Objek dalam Penelitian ini adalah penerapan Teknik Quick On The Draw Dalam Model STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana
dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi aktivitas siswa untuk melihat aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data terdiri dari dua tahap yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 24 orang (60%) siswa yang dinyatakan aktif dan
sangat aktif. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 35 orang siswa (87,5%) siswa yang dinyatakan aktif dan sangat aktif. Sehingga aktivitas belajar siswa meningkat 27,5% dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada pretest
sebelum diadakannya tindakan menunjukkan 17 orang siswa (42,5%) yang tuntas dengan nilai rata 69,375%. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 25 orang (62,5%) dengan nilai rata-rata 74,15% dan pada siklus ke II sebanyak 37 orang
siswa mengalami ketuntasan belajar (92,5%) dengan nilai rata-rata 83,125%. Sehingga terjadinya peningkatan hasil belajar ekonomi akuntansi siswa dari siklus I sampai ke siklus II sebesar 8,97%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik Quick On The Draw dalam model pembelajaran Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi akuntansi pada siswa kelas XII IPS 2 pada materi pokok Jurnal Khusus di SMA Negeri 6 Binjai
Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 006 |
Keywords: | PENERAPAN TEKNIK QUICK ON THE DRAW DALAM MODEL PEMBELAJARAN STAD, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI AKUNTANSI |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:51 |
Last Modified: | 21 Feb 2019 07:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29116 |