Sihaloho, Lamhot (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII SMP SWATA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6133311057 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 6133311057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
3. NIM. 6133311057 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 6133311057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 6133311057 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 6133311057 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 6133311057 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 6133311057 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 6133311057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
13. NIM. 6133311057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 6133311057 BIBLIGRAPHY .pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VIII SMP Swasta Parulian 2 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes
awal, lalu dilakukan pembelajaran melalui pendekatan bermain. Selanjutnya dilakukan Tes Hasil Belajar lompat jauh gaya jongkok siklus I dan Tes Hasil Belajar
lompat jauh gaya jongkok siklus II. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) Dari tes hasil belajar sebelum dilakukan pembelajaran melalui pendekatan bermain (data awal) diperoleh 7 orang siswa (21,21%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 26 orang
siswa (78,79%) belum mencapai ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran yaitu pembelajaran melalui pendekatan bermain. (2) Dari tes hasil
belajar lompat jauh gaya jongkok, di siklus I diperoleh 20 orang siswa (60,60%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 13 orang siswa ( 39,39%)
belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 74. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran melaluipendekatan bermain.
(3) Dari tes hasil belajar lompat jauh gaya jongkok, di siklus II diperoleh 29 orang siswa ( 87,87%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang
siswa (12,13%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 78. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan
nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 4 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 33,33%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VIII SMP Swasta Parulian 2 Medan Tahun Ajaran 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 004 |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:51 |
Last Modified: | 21 Feb 2019 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29115 |