SIMBOLON, GIOVANNI (2017) PENGARUH STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK TUNAS KARYA BATANG KUIS T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342059_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 7133342059_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
3. NIM. 7133342059_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
4. NIM. 7133342059_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM. 7133342059_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
6. NIM. 7133342059_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM. 7133342059_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM. 7133342059_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 7133342059_BAB I.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
13. NIM. 7133342059_BAB V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
14. NIM. 7133342059_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Tunas Karya Batang Kuis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan strategi Learning Start with a Question lebih tinggi dari pada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI AK di SMK Tunas Karya Batang Kuis Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Tunas Karya Batang Kuis yang berlokasi di Desa Tanjung Sari Batang Kuis pada tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah populasi 89 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling yang diperoleh dari rumus slovin, sehingga diperoleh jumlah sampel yang terdiri dari kelas eksperimen 31 siswa dan kelas kontrol 30siswa.
Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda sebanyak 10 soal yang masing-masing terdiri dari 5 opsi yang dikutip penulis dari buku pelajaran akuntansi kelas XI yang telah berstandard nasional sehingga
validitas dan realibilitasnya telah teruji. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai mean dan standar deviasi. Dari hasil analisis data diperoleh nilai mean tes hasil belajar siswa kelas eksperimen 83,08 dengan standar deviasi 6,79 dan nilai mean tes hasil belajar
siswa kelas kontrol 79,23 dengan standar deviasi 7,96. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 2,15 dan setelah dibandingkan dengan harga ttabel = 2,009 ternyata thitung > ttabel (2,15 > 2,009). Dapat disimpulkan bahwa strategi Learning Start with a Question berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Tunas Karya Batang Kuis pada Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 008 |
Keywords: | Strategi Learning Start with a Question ; Metode Konvensional ; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:51 |
Last Modified: | 22 Feb 2019 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29105 |