Hasibuan, Febri Majidah (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMK YAPIM TARUNA BATANG KUIS T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132121007 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4132121007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
3. NIM 4132121007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM 4132121007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. NIM 4132121007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
6. NIM 4132121007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM 4132121007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4132121007 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 4132121007 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
10. NIM 4132121007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
14. NIM 4132121007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gerak lurus di kelas X semester I SMK Yapim Taruna Batang Kuis T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasie ksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMK Yapim Taruna Batang Kuis yang terdiri dari tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster Random Sampling yaitu kelas X-TKJ sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan kelas X-TKR sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay dengan jumlah 8 soal. Sebelum instrumen digunakan, instrumen terlebih dahulu di validasi oleh validator. Uji hipotesis menggunakan beda (uji t). Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 32,72 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 38,84. Diperoleh nilai rata-rata postest kelas kontrol 68,64 dan nilai rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 75,6. Uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengolahan data postest diperoleh bahwa thitung = 2,15 dan ttabel = 2,01, sehingga thitung > ttabel (2,15>2.01) maka Ha diterima yakni ada pengeruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gerak Lurus di kelas X semester I SMK Yapim Taruna Batang Kuis T.P. 2017/2018 atau hasil belajar fisika siswa dengan dengan menerapkan model berbasis masalah lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 047 |
Keywords: | Model Pembelajaran, Berbasis Masalah, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:50 |
Last Modified: | 20 Mar 2018 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29097 |