MUSLIYAH (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGELOLA PERTEMUAN/RAPAT SMK SWASTA BM AL-FATTAH MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7131141080 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM. 7131141080 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
3. NIM. 7131141080 PREFACE.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
4. NIM. 7131141080 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
5. NIM. 7131141080 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
6. NIM. 7131141080 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 7131141080 LIST OF FIGURES .pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM. 7131141080 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
9. NIM. 7131141080 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (657kB) | Preview
13. NIM. 7131141080 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
14. NIM. 7131141080 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengelola pertemuan/rapat”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar mengelola pertemuan/rapat yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning (DL) lebih tinggi dibandingkan hasil belajar mengelola pertemuan/rapat yang diajarkan dengan model pembelajaran Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK BM Al-Fattah yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 70 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Total Sampling yaitu kelas XI Administrasi Perkantoran 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI Administrasi Perkantoran 2 sebagai kelas eksperimen 2. Sampel penelitian kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 masing-masing berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Uji yang digunakan untuk Instrumen tes adalah uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda tes.
Kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran Group Investigation. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen 1 rata-rata pre-test sebesar 50,57 dan nilai rata-rata post-test adalah 85,14 sedangkan nilai rata-rata pre-test untuk kelas eksperimen 2 adalah 55,71 dan nilai rata-rata post-test adalah 75,43. Persentase peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 sebesar 40,6% dan pada kelas eksperimen 2 sebesar 26,13%. Berdasarkan pengujian hipotesis yang diperoleh yaitu thitung > ttabel (4,398 > 1,54) pada taraf signifikan 95% dan ɑ = 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mengelola pertemuan/rapat yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning lebih tinggi dari pada hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada siswa kelas XI AP SMK BM Al-Fattah Tahun Pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ADP 003 |
Keywords: | Learning Outcomes;The Learning Model of Discovery Learning;Group Investighation |
Subjects: | K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K3820 Economic constitution, policy, planning, and development L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:49 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29080 |