Hutabarat, Udur Marsinta Marito (2008) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA SWASTA ERIA MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 14133141081. COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 4133141081. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
3. NIM. 4133141081.BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4. NIM. 4133141081. ABRTRAK.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
5.NIM. 4133141081. PREFACE.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
6. NIM. 4133141081. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 4133141081. ILUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4133141081. TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 4133141081. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
10. NIM. 4133141081. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
14. NIM. 4133141081. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio-visual terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA SMA Swasta Eria Medan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dimana Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Eria Medan, sedangkan sampel yang diambil sebanyak dua kelas yaitu XI IPA-2 dan XI IPA-3 yang diambil secara random. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes objektif 30 soal dari 60 soal yang telah diuji validitasnya. Data aktivitas disajikan dalam bentuk persentase secara klasikal yaitu untuk yang diajar tanpa penggunaan Audio-Visual memiliki aktivitas sebesar 51%, sedangkan kelas yang diajar dengan menggunakan Audio-visual memiliki aktivitas sebesar 70%. Data hasil belajar diawali dengan uji normalitas dan homogenitas. Dengan data yang sudah berdistribusi normal dan homogen maka dilakukan uji statistik dengan uji t pada taraf signifikansi α = 0,05. Rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 77, sedangkan kelas eksperimen adalah 83. Dari hasil uji t diperoleh hasil belajar t_hitung sebesar 0,901. Karena t_hitung > t_tabel (0,901 > 1,999), yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain ada pengaruh penggunaan Media Audio-Visual terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa pada materi sistem ekskresi di kelas XI SMA Swasta Eria Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 026 |
Keywords: | Media Audio-Visual, Hasil Belajar, Aktivitas, Sistem Ekskresi Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:46 |
Last Modified: | 16 Mar 2018 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29025 |