SIHOMBING, SARI Y (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP SESUAI KEBUTUHAN PENGALAMAN BELAJAR BIOLOGI KELAS X SMA/MA BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4133141072 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4133141072 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
3. NIM 4133141072 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM 4133141072 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM 4133141072 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM 4133141072 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 4133141072 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 4133141072 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM 4133141072 BAB I.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
10. NIM 4133141072 BAB II.pdf - Published Version
Download (931kB) | Preview
11. NIM 4133141072 BAB III.pdf - Published Version
Download (660kB) | Preview
12. NIM 4133141072 BAB IV.pdf - Published Version
Download (814kB) | Preview
13. NIM 4133141072 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 4133141072 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
15. NIM 4133141072 LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian LKPD pada materi pokok Klasifikasi Mahkluk Hidup berbasis pendekatan ilmiah oleh ahli dan praktisi. Penelitian menggunakan desain pengembangan instruksional model 4-D, dibatasi hingga tahap develop. Prosedur pengembangannya dimulai dari tahap pertama yaitu tahap define (pendefinisian) yang meliputi analisis Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Indikator Kompetensi, dan kondisi peserta didik. Tahap kedua design (perancangan), yang meliputi pengumpulan data berupa silabus, merumuskan tujuan khusus yang ingin dicapai, menyusun kerangka penyajian. Tahap ketiga adalah develop (pengembangan) meliputi validasi oleh Ahli Materi dan Ahli Pendidikan, tanggapan Guru Biologi, dan tanggapan Peserta Didik pada uji kelompok kecil. Produk yang dihasilkan berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada materi pokok Klasifikasi Mahkluk Hidup berbasis Pendekatan Ilmiah. Hasil penilaian oleh Ahli Pendidikan menunjukkan rata-rata 90,15% kriteria sangat baik, dan Ahli Materi 81,25% kriteria sangat baik. Hasil respon Guru Biologi mendapat hasil 96,8% kriteria sangat baik. Hasil tanggapan Peserta Didik pada uji kelompok kecil mendapat hasil 86% kriteria sangat baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 031 |
Keywords: | Pengembangan, Lembar Kegiatan Peserta Didik, Pendekatan Ilmiah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:45 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28994 |