Silitonga, Rustani (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN METEMATIKA REALISTIK MELALUI WEBSITE EDMODO DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BIASA DI SMP NEGERI 17 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4133311053. COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM 4133311053. APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
3. NIM 4133311053. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
4. NIM 4133311053. PREFACE.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
5. NIM 4133311053. TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
6. NIM 4133311053. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
7. NIM 4133311053. TABLES.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
8. NIM 4133311053. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
9. NIM 4133311053. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (729kB) | Preview
13. NIM 4133311053. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
14. NIM 4133311053. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan Pendekatan Matematika Realistik melalui Website Edmodo lebih tinggi daripada Pendekatan Matematika Realistik Biasa pada materi Persamaan Linear Satu Variabel di kelas VII SMP Negeri 17 Medan T.A. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Semester I SMP N 17 Medan yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 328 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster sampling dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas secara acak yaitu kelas eksperimen A yang berjumlah 36 orang dan kelas eksperimen B yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian yang diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen A dengan Pendekatan Matematika Realistik melalui Website Edmodo dan kelas eksperimen B dengan Pendekatan Matematika Realistik Biasa diperoleh nilai ratarata nilai pretest kelas eksperimen A sebesar 50,47 dan nilai rata-rata kelas eksperimen B sebesar 49,99. Hasil uji t pihak kanan dengan dk = 70 dan α = 0,05, diperoleh thitung = 2,570 dan ttabel = 1,668 sehingga thitung > ttabel yaitu 2,570 > 1,668 dan diperoleh nilai Sig = 0,012 nilai Sig ini dibawah kriteria 0,05 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan Pendekatan Matematika Realistik melalui Website Edmodo lebih tinggi daripada Pendekatan Matematika Realistik Biasa pada materi Persamaan Linear Satu Variabel di SMP Negeri 17 Medan T.A 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 050 |
Keywords: | Pendekatan Matematika Realistik, Website Edmodo, Pemecahan Masalah Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:44 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28988 |