Girsang, Franciska (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA PEMBUATAN SAKU PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 5123341011 Cover.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2 5123341011 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (604kB) | Preview
3 5123341011 Abstract.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4 5123341011 Acknowledgement.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5 5123341011 Table of Content.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
6 5123341011 List of Table.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
8 5123341011 List of Figure.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
9 5123341011 List of Chart.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
10 5123341011 List of Diagram.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
11 5123341011 List of Appendices.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
12 5123341011 Chapter I.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
16 5123341011 Chapter V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
17 5123341011 References.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Lectora Inspire pada materi pembuatan saku dan 2) mengetahui kelayakan atau efektivitas media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Lectora Inspire pada materi pembuatan saku kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Dengan menggunakan tahap atau prosedur yang sudah di adaptasi yang meliputi: 1) Analisis kebutuhan; (2) Mengembangkan produk; (3) Validasi ahli dan revisi; (4) Uji coba kelompok kecil; (5) Uji coba kelompok sedang; (6) Uji coba kelompok besar; (7) Produk akhir. Subjek uji coba penelitian ini adalah 50 siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Validasi ahli terdiri dari 2 ahli media pembelajaran dan 2 ahli materi pembuatan saku. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket; angket kebutuhan, validator dan angket efektivitas meliputi skala penilaian dengan teknik analisis data menggunakan skala likert.Hasil penelitianmenunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Lectora Inspire pada materi pembuatan saku ini berhasil dikembangkan melalui beberapa tahapan, yaitu
1) hasil penilaian Ahli Media dengan persentase hasil penilaian 80,83% dengan kriteria “Setuju” dan hasil penilaian Ahli Materi dengan persentase hasil penilaian 92,77%, dengan kriteria “Sangat Setuju”, 2) hasil penilaian uji coba kelompok: uji coba kelompok kecil dengan persentase hasil penilaian 75,04% dengan kriteria “Setuju”, uji coba kelompok sedang dengan persentase hasil penilaian 80,31%, dengan kriteria “ Setuju”, dan uji coba kelompok besar dengan persentase hasil penilaian 84,34% dengan kriteria " Sangat Setuju”, 3) uji coba efektivitas siswa dengan persentase hasil penilaian 84,50% dengan kriteria “Setuju”, dan uji efektivitas Guru dengan persentase penilaian 94,5% dengan kriteria “ Sangat Setuju”. Dengan demikian, pengembangan media berbasis multimedia interaktif menggunakan Lectora Inspire Pada Materi Pembuatan Saku Kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar dianggap efektif dan layak untuk dijadikan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BSN 005 |
Keywords: | PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE, EFEKTIVITAS MEDIA LECTORA INSPIRE, MATERI PEMBUATAN SAKU |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:44 |
Last Modified: | 14 Mar 2018 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28985 |