PANGGABEAN, GLORIA N (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER GENAP SMA SWASTA SANTA MARIA TARUTUNG T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133121013 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. NIM. 4133121013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. NIM. 4133121013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4. NIM. 4133121013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. NIM. 4133121013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
6. NIM. 4133121013 TABLES.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7. NIM. 4133121013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM. 4133121013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. NIM. 4133121013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
13. NIM. 4133121013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
14. NIM. 4133121013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor kelas X semester genap SMA Swasta Santa Maria Tarutung T.P 2016/2017.Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian adalah Two Group Pre-test-post-test Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari empat kelas yaitu kelas X-4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan insrumen berupa tes pilihan berganda sebanyak 15 soal dengan 5 option yang telah di validasi dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian di kelas ekperimen diperoleh nilai rata-rata pretest 36,87 dan di kelas kontrol sebesar 33,4, dan dilakukan uji t dua pihak yang membuktikan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberi perlakuan diadakan posttest pada kedua kelas sehingga diperoleh rata-rata posttest pada kelas eksperimen 71,1 dan pada kelas kontrol 64,8. Berdasarkan uji t diperoleh bahwa thitung = 1,84 > ttabel = 1,67 yang menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas X semester genap SMA Swasta Santa Maria Tarutung T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 040 |
Keywords: | GROUP INVESTIGATION; HASIL BELAJAR; SUHU DAN KALOR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:43 |
Last Modified: | 14 Mar 2018 07:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28977 |